NewsKabar Anime

Cek Dulu Alur Cerita Anime Attack On Titan Final Season Part 1 dan 2 Sebelum Nonton Part 3

Kontributor: Surya IL
Penyunting: Kikitondo

“Attack on Titan Final Season part 3 tayang pada Maret ini.”

Maret tahun ini Attack on Titan Final Season part 3 atau yang terakhir dikabarkan telah tayang. Namun, bagi kalian para penggemar yang kangen dengan season 1 dan 2, bisa banget cek cerita lengkapnya di bawah ini.

Sinopsis Attack on Titan Final Season Part 1 dan 2

Attack On Titan

Cerita dimulai setelah empat tahun Kejadian di Pulau Paradis. Di sisi lain laut, peperangan antara Marley dan Aliansi Timur Tengah hampir berakhir. Peperangan tersebut dimenangkan oleh bangsa Marley berkat kekuatan yang dimilikinya. 

Tetapi para petinggi militer mulai menyadari bahwa era peperangan menggunakan kekuatan Kyojin akan segera berakhir. Zeke pun mengusulkan saran untuk melanjutkan operasi Pulau Paradis untuk merebut Kyojin Pendiri secepatnya. 

Demi merebut Kyojin Pendiri dan mengembalikan kedamaian antara Eldian dan Marley, diadakanlah sebuah festival di Liberio. Pada saat itu Reiner bertemu dengan Eren. Eren mengatakan bahwa ia akan terus melanjutkan keinginannya untuk memusnahkan musuhnya.

Seketika Willy Tybur mengibarkan bendera perang ke Pulau Paradis, Eren pun merubah wujudnya menjadi Kyojin. Kyojin Palu Perang yang merupakan adik dari Willy pun muncul dan melawan Eren, sehingga tempat berkumpulnya orang orang saat festival berubah menjadi arena pertarungan. Pada akhir pertarungan, Eren berhasil memakan Kyojin Palu Perang dan ditarik mundur ke Pulau Paradis oleh Mikasa. 

Tiga tahun yang lalu, Kapal Penyelidik Marley mendatangi Pulau Paradis. Di sana, terdapat pengikut Zeke, prajurit sukarela anti-Marley. Tujuan mereka adalah membebaskan semua orang Eldian dan Zeke berjanji akan membantu Pulau Pradais yang 100 tahun tertinggal dari dunia luar. 

Baca juga  Menyibak Dilema Medis dan Misteri Moralitas dalam Monster

Zeke memberitahu mereka bahwa rencana rahasia yang tersisa di Pulau Paradis hanya ‘Guncangan Tanah’, yang akan menghancurkan dunia dengan jutaan Kyojin yang berada di dalam dinding. Syarat untuk mengaktifkannya adalah kontak Eren yang memiliki Kyojin Pendiri dan Zeke, keturunan keluarga raja. 

Berkembangnya Pulau Paradis

Attack On Titan

Berkat usaha para prajurit sukarela, dermaga dan rel kereta selesai dibuat sehingga Pulau Paradis pun berkembang. Kemudian, Pulau Paradis memulai interaksi dengan satu-satunya negara sahabat, Hizuru.

Negara Hizuru menyarankan Pulau Paradis untuk mencoba memperlihatkan daya hancur ‘Guncangan Tanah’ kepada dunia. Mereka juga menyarankan untuk mempertahankan Kyojin yang memiliki darah pendiri dan keluarga raja

Kepanikan mulai terjadi ketika tiba tiba terjadi sebuah ledakan di kantor Zackly yang dibuat oleh fraksi Yeager. Gabi dan Falco kabur dari kekacauan dan bersembunyi di desa pinggiran kota.Gabi dan Falco bertemu dengan Nicolo dan menceritakan semua yang mereka alami. Nicolo pun membeberkan bahwa wine yang diberikan para petinggi militer telah dicampur dengan cairan tulang belakang Zeke. 

Levi gagal menahan Zeke yang telah berubah menjadi Kyojin karena meminum wine oplosan itu. Levi pun akhirnya membunuh semua bawahannya dan menangkap zeke yang berusaha melarikan diri. 

Akan tetapi usaha Zeke sia-sia belaka, Kerusuhan kembali terjadi seketika Zeke berteriak sehingga falco yang meminum wine dari cairan tulang belakangnya menjadi kyojin. Eren yang melihat itu pun segera menuju ke Zeke, namun diserang oleh Gabi sehingga kepalanya putus dan jatuh di tangan Zeke. Zeke dan Eren bertemu di Path.

Pertemuan Zeke dan Eren

Di Path, tempat yang misterius itu, Eren melihat Zeke dirantai  juga seorang gadis yang merupakan budak Ymir. Eren mengatakan kalau dari awal ia tidak pernah bermaksud untuk mengikuti rencana Zeke. Untuk meyakinkan kembali Eren, Zeke mengajak Eren kembali ke ingatan masa lalu ayah mereka, Grisha.

Baca juga  (Spoiler Alert) Penasaran Dengan Sosok Monarchs? Inilah Mereka Antagonis Di Solo Leveling

Kembali ke masa depan, kini Eren telah mendapatkan kekuatan kyojin pendiri dari Ymir. Namun, hal tersebut memicu runtuhnya dinding di Shiganshina dan membangunkan ribuan raksasa kyojin dari dalam dinding.

Tak lama setelah kemunculan raksasa kyojin dan kyojin pendiri, Eren menggunakan kekuatan telepati kepada semua Subjek Ymir. Kemudian, Eren mengatakan niat dirinya yang sesungguhnya untuk memusnahkan musuh yang berada di luar pulau.

Melihat situasi yang berubah, Levi dan Hanji menyusun rencana baru untuk beraliansi dengan warga Marley. Kemudian disusul oleh Armin, Mikasa, Jean, dan Connie yang bergabung dalam grup aliansi yang baru tersebut.

Annie yang hidup kembali pun ikut dengan aliansi baru itu. Mereka berusaha menghentikan rencana Eren untuk menyelamatkan dunia.

Attack On Titan

Namun, mengingat aliansi baru yang dibentuk ini berasal dari kelompok yang memiliki sejarah kelam, sehingga terjadi pertentangan antara pihak mana yang memulai konflik lebih dulu. Tapi, mereka diingatkan kembali dengan tujuan mereka membentuk aliansi baru tersebut.

Keesokan harinya, mereka menemukan kelompok fraksi Eren ada di pelabuhan dan menyandera Kiyomi Azumabito. Aliansi baru ini kemudian menyusun rencana untuk mendapatkan pesawat yang ada di pelabuhan tersebut. Dengan begitu, Armin, Mikasa dan yang lainnya harus menyerang bangsa mereka sendiri. 

Sementara pertempuran di pelabuhan terjadi, Eren dan pasukan kyojin dinding raksasa masih terus berjalan. Dan sudah hampir sampai ke negara Marley dan bersiap untuk memusnahkan kota juga penduduk di sana.

Itulah sinopsis dari Attack on Titan Final Season part 1 dan 2. Untuk part 3 akan segera ditayangkan pada tahun 2023. Pastinya Attack on Titan Final Season: Part 3 akan semakin menakjubkan karena anime nya akan diambil alih oleh studio MAPPA

Baca juga  Review Shinobi no Ittoki Episode 1

Buat yang tidak sabar menunggu bisa cek review anime lainnya seperti Chainsaw Man, Demon Slayer, dan lainnya di sini ya. 

(Visited 246 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.