ReviewAnime

Zom 100: Pelajaran Hidup Agar Tidak Menjadi Zombie

Siapa sangka bahwa kisah zombie bisa menyimpan pelajaran berharga tentang kehidupan yang sebenarnya? Zom 100 mengajak kita untuk menjelajahi perjalanan yang tak terduga ini, di mana elemen cerita yang menarik bersatu dengan pesan mendalam tentang menghindari rutinitas tanpa arti, menemukan semangat dalam kesulitan, dan membangun hubungan yang bermakna di tengah dunia yang terus berubah. 

Pada dasarnya anime telah menjadi lebih dari sekadar hiburan semata. Beberapa karya menonjol dengan mengambil inspirasi dari dunia nyata, menciptakan narasi yang merangkul tantangan dan perasaan yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah anime yang menarik hati banyak orang adalah anime Zom 100 menggabungkan elemen cerita zombie dengan pesan tentang makna hidup, serial ini menghadirkan kisah yang merangkul realitas keseharian kita, terutama dalam hal kesulitan dunia kerja.

Orang awam pasti merasa cerita tentang zombie mungkin jauh dari kehidupan nyata. Namun, Zom 100 membuktikan sebaliknya. Terinspirasi dari dinamika dunia kerja yang kian menuntut dan kompetitif, anime ini memetik pesan yang relevan dengan pengalaman banyak individu. Perasaan terjebak dalam rutinitas monoton dan beban kerja yang melampaui batasnya adalah pengalaman yang tak asing bagi banyak pekerja modern. 

Zom 100: Pelajaran Hidup Agar Tidak Menjadi Zombie
Sumber: Zom 100 Fandom wiki

Plot Zom 100

Setelah lulus dari kampus favorit dengan rekam jejak yang mengagumkan, Akira Tendou telah berusaha keras untuk mewujudkan pekerjaan impiannya. Ditambah lagi, kehadiran rekan kerja yang tidak hanya cantik, tetapi juga baik hati, selalu berhasil mewarnai harinya di lingkungan kantor. Semuanya tampak berjalan dengan mulus bagi Akira, sampai ia perlahan menyadari bahwa kini, ia terjerat dalam siklus malam tanpa istirahat dan tuntutan pekerjaan yang luar biasa.

Baca juga  Review Blue Lock Episode 2

Setelah tiga tahun menjalani pengalaman pahit di perusahaan yang eksploitatif, Akira merasa seperti dirinya tidak lagi seperti yang dulu, ia menjadi mudah lelah dan kehilangan semangat. Di ambang kehilangan gairah hidup seperti beberapa rekan kerjanya yang terlalu tenggelam dalam pekerjaan, Akira menemukan pencerahan melalui peristiwa yang tak terduga yaitu munculnya kekacauan akibat zombie.

Dengan waktu luang yang akhirnya dimilikinya, Akira memutuskan untuk menyelesaikan daftar seratus hal yang ingin dicapai sebelum pada akhirnya ia menjadi zombie asli. Meskipun berada di sekitar orang-orang yang tidak berjiwa, ironisnya Akira merasakan dirinya lebih hidup dari sebelumnya.

Zom 100: Pelajaran Hidup Agar Tidak Menjadi Zombie
Sumber: Zom 100 Fandom wiki

Fenomena Office Zombie

Dalam anime Zom 100, fenomena office zombie menjadi cerminan yang menarik. Seperti karakter utama yang terjebak dalam rutinitas hidup sebelum kekacauan akibat zombie, banyak dari kita juga bisa terperangkap dalam rutinitas monoton pekerjaan kantor. Sebagaimana halnya dunia dalam manga, kehidupan kantor bisa mengalami perubahan mendalam. Pekerjaan yang awalnya tampak nyaman dapat berubah menjadi penjara rutinitas yang membosankan. Zom 100 mengingatkan kita untuk menghargai setiap momen dan melihat peluang di tengah rutinitas, sebelum kita benar-benar menjadi “zombie” yang hanya menjalani kehidupan tanpa gairah.

Ketika karakter-karakter dalam Zom 100 berkolaborasi untuk bertahan hidup, hal ini merujuk pada pentingnya solidaritas dalam kehidupan. Di dunia nyata, fenomena office zombie juga bisa dilihat sebagai akibat dari kurangnya interaksi sosial dan semangat kolaborasi di antara rekan-rekan kerja. Krisis dalam cerita menginspirasi kita untuk membangun hubungan yang lebih kuat di tempat kerja, saling membantu, dan mendorong kreativitas bersama. 

Zom 100: Pelajaran Hidup Agar Tidak Menjadi Zombie
Sumber: Zom 100 Fandom wiki

Pentingnya Menghargai Momen-Momen Kecil

Serupa dengan karakter utama yang terjebak dalam rutinitas sebelum wabah zombie, kita seringkali lupa untuk menghargai momen-momen sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Serial ini mengajarkan bahwa bahagia tak selalu harus datang dari hal besar; kebahagiaan juga terletak pada momen-momen seperti melihat matahari terbenam, tawa dengan teman, atau secangkir kopi di pagi hari.

Baca juga  Review Anime Chainsaw Man Episode 12: Pertarungan Katana vs Chainsaw

Melalui perjalanan karakter-karakternya, Zom 100 mengajak kita untuk memperlambat langkah dan menikmati setiap detik dalam hidup. Terlalu sering, kita terjebak dalam siklus kerja dan tuntutan hidup modern yang membuat kita lupa untuk bernapas dan menikmati momen kecil. Dengan mengingat pesan ini, kita dapat belajar untuk melihat keindahan dalam hal-hal yang tampak sepele, merenung, dan membangun kedekatan dengan diri sendiri serta lingkungan sekitar.

Zom 100: Pelajaran Hidup Agar Tidak Menjadi Zombie
Sumber: Zom 100 Fandom wiki

Jalin Hubungan Antarmanusia yang Lebih Bermakna

Layaknya yang ditunjukkan oleh karakter-karakter dalam anime ini, krisis seringkali menjadi pemicu untuk memperkuat ikatan sosial. Analogi ini dapat diterjemahkan ke dalam kehidupan sehari-hari kita: ketika kita dihadapkan pada tantangan, kita cenderung mencari dukungan dan bekerja sama dengan orang-orang di sekitar kita.

Zom 100 menegaskan bahwa kita dapat mewujudkan perubahan positif dengan membantu satu sama lain. Karakter-karakternya belajar untuk saling melengkapi dalam mengatasi kesulitan dan membangun komunitas yang tangguh. Hal ini juga berlaku di dunia nyata, di mana membantu sesama dan menciptakan koneksi yang lebih dalam mampu menghidupkan hubungan antarmanusia. 

Zom 100: Pelajaran Hidup Agar Tidak Menjadi Zombie
Sumber: Zom 100 Fandom wiki

Cari Sumber Motivasi 

Bagi Akira, sosok yang ia taksir menjadi sumber motivasi yang mendorongnya untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Mirip akira, kita juga membutuhkan sumber motivasi disaat kita berada dalam titik di mana semangat kita meredup. Anime ini mengilhami kita untuk mencari inspirasi dari berbagai sumber, mulai dari peristiwa kecil hingga harapan akan masa depan.

Dengan menggali motivasi dari sekitar kita, kita dapat mengatasi rasa lelah dan monoton dalam rutinitas. Seperti yang ditunjukkan dalam Zom 100, kadang-kadang satu momen penuh arti atau kata-kata bijak dari teman dapat memberikan semangat baru yang kita butuhkan. 

Baca juga  Review Shinobi no Ittoki Episode 1
Zom 100: Pelajaran Hidup Agar Tidak Menjadi Zombie
Sumber: Zom 100 Fandom wiki

Saatnya untuk Membuat Daftar Tujuan Hidup!

Secara garis besar anime ini mengisahkan Akira yang menyusun daftar hal-hal yang ia inginkan dalam hidup, sebelum kemungkinan terperangkap menjadi zombie. Menyusun daftar tujuan hidup mengajarkan kita untuk merenung tentang apa yang sebenarnya kita inginkan dari kehidupan ini. Kita seringkali terperangkap dalam arus rutinitas dan tuntutan harian, hingga kita melupakan mimpi-mimpi yang sebenarnya ingin kita capai. Dengan merumuskan tujuan-tujuan tersebut secara tertulis, kita memperjelas visi dan merencanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya. 

Melalui karakter Akira, kita diingatkan akan arti penting menghargai waktu dan kesempatan yang ada. Dengan memiliki daftar tujuan hidup, kita memiliki panduan yang memberi semangat dalam menghadapi tantangan, menghadirkan fokus dalam pencapaian, serta mengajak kita untuk menjalani setiap hari dengan tekad untuk meraih impian. 

Di tengah rutinitas yang mengancam kita menjadi “zombie” yang tidak merasakan kehidupan, anime ini memicu refleksi mendalam tentang tujuan dan nilai-nilai yang ingin kita capai. Dengan mengikuti anime ini, kita diingatkan pada kepentingan menemukan sumber motivasi dan merencanakan tujuan hidup.

Pada akhirnya, Zom 100 tidak hanya mengajarkan kita untuk menjalani hidup dengan semangat dan tekad, tetapi juga merangkul komunitas yang lebih baik, tempat di mana kita saling mendukung dan berkolaborasi dalam menghadapi segala kesulitan. Anime ini membuka pintu bagi kita untuk menghindari perubahan menjadi “zombie” yang kehilangan semangat hidup dan mengajak kita merayakan setiap momen dalam perjalanan hidup kita.

(Visited 15 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.