Review Shinobi no Ittoki Episode 9

Kontributor: Ronin95
Penyunting: Kikitondo

Dalam Shinobi no Ittoki Episode 9, Kousetsu terpaksa melakukan hal yang paling disesalinya

Inilah yang bisa saya katakan dalam episode Shinobi no Ittoki kali ini. Beberapa tokoh utama yang berperan mengetahui bahwa klan Koga ini menggunakan ninja mekanik yang juga dikenal sebagai Asura untuk menyerang Desa Iga. 

Karena mereka memainkan peran penting dalam keseluruhan rencana, kepala klan Iga memutuskan untuk memimpin pertahanan dari depan dengan menghancurkan basis pengisian Asura. Meskipun ia berhasil secara efektif membuat para ninja mekanik tidak bisa beraksi, pengkhianatan tak terduga menanti Ittoki yang akan mengubah hidupnya selamanya. Mari kita simak review Shinobi no Ittoki episode 9 ini.

Apa yang terjadi episode Shinobi no Ittoki sebelumnya?

Shinobi no Ittoki

Coba mengingat lagi tentang pemicu konflik ini dari episode 8 Shinobi no Ittoki. Genji Karajishi mengumumkan kepada rekan-rekan NSC-nya bahwa ia akan mengambil alih semua otoritas dalam ketidakhadirannya. 

Untuk membuat keadaan menjadi lebih buruk, ia kemudian melanjutkan untuk mengumumkan bahwa Kidou Minobe akan dibebaskan tanpa dakwaan sementara Yumika di sisi lain telah terbukti bersalah. Bahkan Yumika hendak dieksekusi.

Saat itulah Suzaku meminta izin untuk berbicara langsung dengan kepala klan. Dia memberitahukan Minobe bahwa Kousetsu dan Tokisada telah meninggalkan desa Iga untuk menyelamatkan Yumika, jadi sekarang adalah waktu yang tepat untuk menyerang mereka.

Dalam kondisi genting ini, Koga menyerang desa Iga. Ittoki mulai diberitahu tentang situasi dan ruang pertemuan di mana ia baru-baru ini mengatakan kepada Kousetsu dan Tokisada untuk menyelamatkan Yumika diubah menjadi pusat komando dan garis pertahanan terakhir. Dia meminta agar warga tidak panik dan pasukan yang ada untuk bertahan sekuat tenaga hadapi invasi mereka.

Misi sulit tidak terelakkan

Setelah klan Koga berhasil menyusup ke desa Iga dengan meruntuhkan garis pertahanan pertama, pusat komando akhirnya mulai mendapatkan laporan resmi. Ternyata setiap unit pasukan penyerang terdiri dari satu ninja Koga bersama dengan empat ninja mekanik lainnya. Segera menjadi jelas bahwa ada perbedaan sepuluh kali lipat antara kedua pasukan dan klan Iga tidak memiliki kesempatan, terutama dengan Kousetsu dan Tokisada pergi. Sementara itu, di markas NSC, keduanya dihentikan oleh Genji, yang menginginkan mereka untuk menyerah.

Baca juga  Siap Bertarung Kembali Tahun Depan? Inilah Ulasan Tokyo Revengers Season Baru

Kemudian, Tokisada meminta Kousetsu untuk melarikan diri dengan Yumika sementara ia melawan antek-antek Genji sendirian. Dia berhasil dengan mudah mengalahkan mereka sendiri. Ketika Shione tiba di sana dengan unitnya, Genji merasa bahwa dia akan membantunya melawan Tokisada tetapi ternyata kasus pembunuhan Goshogawara telah dipecahkan dan dia ditangkap di tempat. Di pusat komando, disimpulkan bahwa ninja mekanik perlu diisi daya secara teratur, sehingga mereka menemukan lima tempat yang potensial di mana Koga mungkin telah membuat kesepakatan seperti itu.

Shinobi no Ittoki

Siasat atasi kalah jumlah pasukan

Shinobi no Ittoki

Jika kita hitung, klan Iga jelas kalah jumlah. Mengingat mereka memiliki 48 ninja di garis depan, dan Koga memiliki 250 ninja di garis depan saja. Itulah kenapa pertempuran antara Iga dan Koga adalah pertempuran yang sulit untuk dimenangkan, tidak peduli berapa banyak robot Asura yang mereka kalahkan, mereka dapat diisi ulang secara instan, yang mungkin akan menyebabkan kelelahan di pihak Iga, dan semakin banyak yang bertahan, semakin tidak menguntungkan dan kalah jumlah mereka.

Shinobi no Ittoki

Namun. Mr Kozo tampaknya percaya bahwa yang harus mereka lakukan adalah bertahan sampai Tokisada tiba di sana, membuat Ittoki mempertanyakan apakah mereka semua bisa bertahan di rumah besar sampai dia kembali, tetapi rencana seperti itu akan terlalu berisiko. 

Ittoki bingung mengapa Koga sangat berhati-hati, karena mereka memiliki lebih banyak ninja dan kekuatan yang lebih besar, mereka seharusnya bisa menyerang mereka sekaligus, jadi itu tidak masuk akal. 

Ittoki bertanya tentang persentase robot Asura – setiap unit berisi 1 ninja Koga dan 4 robot Asura, yang berarti sebagian besar pasukan adalah robot. Dia kemudian meminta Nona Reiha untuk melaporkan apa pun yang dia perhatikan tentang Asura kepada ninja Iga, tidak peduli betapa remehnya hal itu, dan Ryouko meminta untuk membawa salah satu robot agar dia dapat menganalisisnya. 

Ittoki bersama dengan Ryouko keluar untuk menyelidiki situasi dan mereka akhirnya berhasil menemukan titik pengisian ninja mekanik. Mereka berdua memutuskan untuk menjatuhkannya dengan granat yang akan menyebabkan ledakan besar, tetapi mereka ditangkap dalam prosesnya. Untungnya, beberapa ninja misterius berpakaian Asura menanam bom dan menyelesaikan misi yang tampaknya mustahil.

Baca juga  Review Giant Killing Semangat Berjuang Habis-habisan Melawan Tim Besar

Situasi setelah mengalahkan unit Asura

Seorang Ninja Iga membawa unit Asura seperti yang Ryouko inginkan, dan dia langsung bekerja. Setelah membuka unit Asura, Ryouko menemukan bahwa Inti Ninja tersebut dikombinasikan dengan kostum Ninja, untuk membawa kemampuan fisik manusia hingga batasnya, tetapi dalam hal ini, itu tidak efisien karena jumlah energi di Inti Ninja yang digunakan untuk itu terlalu kecil, dan tampaknya unit Asura hanya dapat bergerak paling lama satu jam. Shiota mengirimkan laporan kepada Reiha, karena tampaknya beberapa robot mengambil langkah mundur yang tidak wajar sebelum mereka membunuh target mereka dan akhirnya melarikan diri. Alasannya bisa jadi karena kehabisan energi. Keterbatasan energi ini menjelaskan mengapa Koga mengincar Inti Ninja Rahasia Iga, karena mengandung energi yang tidak terbatas. 

Ryoko mengungkapkan bahwa, karena unit Asura tidak memiliki banyak waktu energi, pasti ada stasiun pengisian ulang di mana mereka berotasi antara yang sedang mengisi daya dan yang keluar menyerang, dan jika mereka menghancurkan stasiun itu, mereka dapat mengalahkan robot-robot itu. 

Shinobi no Ittoki

Iga tidak bisa membiarkan ninja untuk menemukan stasiun ini, jadi Ittoki secara sukarela pergi, ditemani oleh Ryoko karena dia merasa bersalah karena robot-robot itu diciptakan oleh ayahnya. Setelah menghancurkan markas pengisian ninja mekanik, terungkap bahwa orang yang berpakaian seperti salah satu Asura tidak lain adalah Kirei.

Tampaknya dia telah menyesali tindakannya yang menyebabkan invasi klan Iga dan karena itu memutuskan untuk menebusnya dengan mempertaruhkan nyawanya sendiri. Kirei mulai mengirim pesan ke Suzaku, memberitahukan kepadanya bahwa markas sedang menjadi target, tetapi tampaknya tidak selesai mengirimnya.

Yumika makin terancam

Shinobi no Ittoki

Di penjara, Tokisada masih dalam mode bertarung dengan Genji, tetapi mereka berdua kelelahan. Shione dan pasukannya muncul dan mereka menangkap Genji, setelah mendapatkan mayat Goshogawara yang telah dia bunuh, dia didakwa dengan pembunuhan Goshogawara Hayato dan harus menyerah. 

Shione mengunjungi Genji di penjara untuk mencari jawaban atas pembunuhan kaptennya. Dia mulai dengan menanyakan apakah pembunuhan itu diperintahkan oleh Minobe Kido dan apakah dia beralih ke pihak Koga Klan karena dia menginginkan posisi itu, tetapi Genji tidak menyerah dan tetap diam tentang topik tersebut. 

Shione memberitahunya bahwa Klan yang sangat ia banggakan, menyerahkannya pada kesempatan pertama yang mereka miliki, karena para Ninja yang mengambil tubuh Goshogawara untuk membakarnya mengadu bahwa dia adalah pelaku kejahatan. 

Baca juga  Review Shinobi no Ittoki Episode 10

Dan dengan ini, Tokisada pergi. Kousetsu diperintahkan oleh Tokisada untuk meninggalkan desa dengan Yumika dan bersembunyi, tetapi Yumika ingin dia membawa mereka ke rumah besar, karena dia tidak bisa melarikan diri ketika desa dalam bahaya karena dia adalah Kepala Desa.

Kousetsu dan Yumika sampai ke rumah besar, dan hal pertama yang dia tanyakan adalah Ittoki, yang aman setelah melindungi desa. Tiba-tiba, Kousetsu merasakan sakit di kepalanya dan mulai bertingkah tidak seperti dirinya sendiri, mengancam akan membunuh Yumika dengan pisau di tenggorokannya, dan meminta Inti Ninja Rahasia. Pesan yang keluar ke kelompok di luar desa adalah bahwa Kousetsu telah mengkhianati mereka dan menyandera Yumika. Kita melihat Genji di selnya bermeditasi dan mengucapkan kata-kata yang sama persis seperti Kousetsu, jadi kita bisa berasumsi bahwa dia mengendalikannya. 

Shinobi no Ittoki

Meskipun takut, Yumika tahu bahwa itu bukan Kousetsu, dan setelah melepas topengnya, dia melihat bahwa Kousetsu menggigit bibirnya begitu keras hingga berdarah, memeluknya untuk mencoba mengeluarkannya dari kesurupan yang dialaminya, dan Kousetsu akhirnya pingsan di lantai. 

Ketika Ittoki sampai di rumah besar, dia menemukan pemandangan yang mengerikan di depannya: Kousetsu telah membunuh Yumika, yang terbaring tak bernyawa di genangan darahnya sendiri sementara Kousetsu berdiri di atasnya, dengan raut wajah yang kosong tetapi air mata mengalir turun. Tokisada juga tiba untuk menemukan Ittoki memeluk ibunya dan menangis tentang kematiannya.

Shinobi no Ittoki

Menurut saya episode Shinobi no Ittoki kali ini…

Menguras emosi terlebih lagi sang ibu Yumika tewas oleh Kousetsu. Dimana Ittoki memandang secara kosong tidak tahu ingin melakukan apalagi setelah ibunya tiada. Ini menjadi konflik antar klan ninja semakin tidak jelas bahkan rumit dengan kemampuan klan Iga yang seadanya hadapi gempuran klan Koga. Lebih jauh lagi, pengungkapan Kousetsu tampaknya lebih banyak mengalihkan perhatian karena sebuah kejutan mencengangkan yang menarik pada episode Shinobi no Ittoki kali ini.

Saya kali ini beri skor 8.2/10 mengingat ketegangan mulai memuncak ditambah tewasnya Yumika yang sudah coba diselamatkan dengan susah payah. Ittoki benar-benar bingung dan harus cepat tanggap tangani invasi Koga kali ini sebagai alur cerita yang makin tinggi tensi konfliknya.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.