ReviewAnime

Review Shinobi no Ittoki Eps 11

Kontributor: Ronin95
Penyunting: Kikitondo

“Keputusan bulat untuk akhiri segalanya”

Shinobi no Ittoki memasuki awal dari akhir cerita kali ini, episode 11 adalah permulaan menuju sebuah perjalanan Ittoki menjadi pemimpin klan Iga. Bagaimana alur peperangan yang masih berlangsung kali ini? Apa yang terjadi dengan rekan Ittoki sekarang? Kita simak saja disini.

Yang terjadi pada episode Shinobi no Ittoki sebelumnya

Shinobi no Ittoki

Setelah kematian ibunya, Ittoki diberitahu bahwa Kotetsu telah ditahan oleh Tokisada. Dia masih berusaha memulihkan trauma atas kehilangan ibunya, tetapi pada saat itu diputuskan bahwa dia sekarang akan secara resmi menjadi kepala klan Iga yang baru. Sementara itu, Koga bersiap untuk menyerang Iga lagi sementara Suzaku disarankan untuk tetap bersembunyi untuk saat ini karena nyawanya bisa dalam bahaya. Shione Kouzuki menemui Tokisada untuk mendiskusikan kejadian yang baru saja terjadi dan memberitahukan sesuatu yang mengejutkan.

Ancaman baru

Ittoki mengumpulkan semua orang di mansion Iga dan memberi tahu mereka bahwa dia telah menentukan sikap Iga atas surat Kidou Minobe, dan dia telah memutuskan untuk menyerahkan Ninja Core/Inti Ninja rahasia Iga kepada klan Koga, hingga membuat semua orang di ruangan itu terkejut karena senjata mereka yang sangat kuat dan berbahaya berakhir diambil alih ke tangan Koga.

Tetapi ada konsekuensi yang cukup berat disini terhadap Ittoki sendiri. Sebagai gantinya, Ittoki ingin meminta Koga untuk mengakui otonomi Iga. Penduduk desa tidak setuju dengan keputusannya, tetapi Ittoki tetap bersikukuh dengan keputusannya. Ketika semakin banyak orang mulai mengecam tindakan ini, dia memberikan tanggapan yang begitu tajam dimana hal ini cukup mengejutkan akan respon Ittoki ini dengan karakternya dan memberi tahu orang-orangnya bahwa apabila mereka tidak dapat mematuhi keputusannya, mereka akan dikeluarkan dari klan.

Baca juga  Review Chainsaw Man Episode 9: Divisi Keamanan Publik Goyah

Rencana perjanjian damai

Shione menerima berita tersebut pada pertemuan dengan Juzen, yang memberi tahu mereka bahwa Kepala Klan Iga telah meminta perdamaian dengan Koga, dan orang-orang dari NSC yang hadir dalam pertemuan itu akan menjadi saksi untuk perjanjian perdamaian. Shione merasa kesal dan tidak percaya bahwa Koga akan dapat lolos dari semua kejahatan yang telah mereka lakukan, namun tugas NSC kali ini adalah berusaha agar menegakkan perdamaian.

Shinobi no Ittoki

Di satu sisi, klan Koga juga mengadakan pertemuan dan mereka tidak puas dengan ketentuan perjanjian yang telah dibuat Ittoki, yang melarang penggunaan militer dari Inti Ninja Rahasia, yang berarti mereka tidak akan dapat menggunakannya pada pasukan Asura. 

Yang menarik, pada waktu bersamaan juga, situasi internal klan Iga makin memanas hingga suatu momen dimana Ittoki menolak untuk mundur sebagai penjabat kepala desa dan pergi dari pertemuan tersebut, yang kemudian membuat para penduduk desa berencana untuk mengambil tindakan drastis. Ternyata para penduduk desa ingin melakukan kudeta untuk menggulingkan Ittoki dari kekuasaan dan yang paling penting adalah mengamankan inti ninja rahasia Iga. Para penduduk desa yang terlibat bertemu satu sama lain setelah matahari terbenam dan sangat ingin menggunakan ketidakhadiran Tokisada sebagai kesempatan.

Sebuah langkah yang sangat mulus yang dilakukan oleh Ittoki kali ini. Meskipun mereka ingin menentang NSC, Kidou mencegah mereka, tetapi bukan berarti dia setuju dan akan mengikuti perjanjian damai. Pertama, mereka akan mendapatkan inti rahasia dan kemudian serangan kedua terhadap Iga akan dimulai.

Rencana invasi dan satu rahasia lain

Kirei mencari Ryoko di tempat yang kita asumsikan sebagai tempat kerja ayahnya yang terbakar, tetapi tempat itu tampak kosong kecuali ada cahaya yang datang dari lantai bawah. Kirei pergi ke sana dan menemukan Ryoko sedang bekerja. Meskipun dia tampak sedih tempat itu terbakar, dia juga tampak berharap bahwa tempat itu bisa diperbaiki, dan dia tidak pernah berhenti bekerja untuk melanjutkan pekerjaan di desa Saiga.

Baca juga  Melampaui Cerita Shounen Pada Umumnya, Kecemerlangan Yu Yu Hakusho yang Tidak Biasa
Shinobi no Ittoki

Kedua gadis itu berbagi momen emosional dan rentan di mana mereka saling mengungkapkan perasaan mereka, dan Kirei akhirnya memberi tahu Ryoko bahwa tugasnya sebagai ninja Fuma adalah menjual intel Iga kepada Koga. Dia mulai menangis, merasa bersalah karena bertanggung jawab atas kehancuran desa Iga, dan tetap saja Ryoko menghiburnya.

Di tempat lain, Kidou menerima telepon dari Suzaku tentang file video yang dia temukan dan Suzaku mengatakan kepadanya bahwa dia ingin menyerahkan file itu kepadanya sebagai bukti bahwa dia tidak seperti ayahnya, dan setia kepadanya. Sebagai gantinya, dia ingin Kidou memberinya tempat untuk mati sebagai ninja Koga.

Kita beralih ke rencana invasi, Ittoki mengumpulkan para ninja Iga sekali lagi untuk mendengar keputusan akhir mereka. Kozo akan berbicara dan mewakili konsensus Iga, dan dia memberi tahu Ittoki bahwa mereka dengan tegas menolak perjanjian damai dengan Koga. Ketika dihadapkan dengan konsekuensi dari keputusan mereka, yaitu diusir dari klan, Kozo menolaknya dan mengatakan kepadanya bahwa mereka ingin dia melepaskan otoritasnya sebagai Kepala Klan, karena beban Iga terlalu besar untuk ditanggungnya. Jika dia melepaskan otoritasnya, mereka tidak akan mencari pemimpin yang baru, tetapi mereka akan melindungi Iga bersama-sama.

Shinobi no Ittoki

Seperti yang diduga, Ittoki tegas menolaknya, karena itu adalah warisan terakhir yang dipercayakan ibunya kepadanya sehingga hal ini membuat Kozo kesal, karena menganggap Ittoki keras kepala seperti anak kecil, tetapi dengan cepat dibungkam dengan ancaman akan diusir.

Suzaku terdesak dan Kirei mencurigakan 

Ninja Koga, bersama dengan ninja pasukan Asura berada di apartemen Suzaku, dan mereka tampaknya tidak berada di sana dengan niat bersahabat, yang tampaknya sudah diperkirakan oleh Suzaku, yang bersembunyi di langit-langit apartemen. Hal berikutnya yang kita tahu, Suzaku telah mengalahkan semua ninja kecuali satu, yang dia coba peras informasinya tentang serangan terhadap Iga sebelum dia menghabisinya.

Karena Ittoki tidak dapat bertemu dengan siapa pun pada saat itu, Kirei meminta Tokisada untuk menyampaikan pesan kepadanya, “Maafkan aku karena telah membohongimu dan mengkhianatimu selama ini”.

Baca juga  Review Anime Chainsaw Man Episode 11: Misi Dimulai

Kemudian, Tokisada bertanya kepadanya apakah yang dia maksud adalah bagaimana dia menggunakan seekor burung untuk memberikan informasi tentang Iga kepada Koga, yang berarti dia tahu tentang hal itu selama ini. Dia mengungkapkan rasa bersalahnya dan mengatakan kepadanya bahwa itu adalah kesalahannya bahwa Yumika telah mati, tetapi dia meyakinkannya bahwa pengkhianat yang sebenarnya adalah orang lain, bahkan jika dia menciptakan salah satu faktor yang membuat Iga terpojok. Selain itu, dia telah membantu meledakkan stasiun pengisian daya pasukan Asura, jadi mereka seimbang. Dengan hal tersebut, dia menebus kesalahannya kepada mereka hingga Kirei memotong rambutnya.

Beralih ke Ittoki, saat itu Tokisada juga telah memperingatkannya tentang risiko yang ada, Ittoki merasa bahwa ia hanya menjalankan tanggung jawabnya sebagai kepala suku yang terhormat dengan bertindak sejauh ini untuk rakyatnya dan kebaikan yang lebih besar. Dengan inti ninja rahasia bersamanya, tampaknya Ittoki lebih percaya diri dalam bertindak sesuai dengan prinsipnya. Dia menyuruh penduduk desa Iga untuk melarikan diri dan menyelamatkan diri daripada terlibat dengan musuh. Ittoki sangat yakin bahwa klan Iga dapat membangun kembali dan bertahan hidup selama tidak ada terlalu banyak orang yang kehilangan nyawa karena perang dan konflik yang tidak perlu. Perang penentuan telah dimulai.

Bagi saya episode Shinobi no Ittoki ini….

Rahasia demi rahasia telah dibongkar kali ini dan menuju puncak cerita justru kita diajak oleh Ittoki kedalam situasi internal yang begitu parah termasuk beberapa warga yang menentang ide Ittoki hingga diapun harus berusaha kuat meyakinkan mereka agar waspada dari incaran Koga. 

Klan Koga memiliki segala cara untuk membuat Klan Iga semakin runtuh wibawanya dan cerita kali ini ditutup dengan pengakuan Kirei kepada Ittoki juga anggota klan Iga yang terkejut jika itu adalah rencana orang lain yang memanfaatkan dirinya. Sangat tegang sekali bumbu konflik kali ini menuju episode terakhir dari Shinobi no Ittoki, untuk episode 11 skor 8.8/10 lebih layak bagi saya.
Baca juga ulasan Episode Shinobi no Ittoki sebelumnya.

(Visited 68 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.