SAC_2045 Chapter Baru Ghost in The Shell

Setelah 5 tahun lamanya, Major Motoko Kusanagi dan teamnya akhirnya kembali ke ranah anime dengan seri terbaru mereka, Ghost in The Shell SAC_2045. Masih diproduksi oleh Production IG yang kali ini bekerja sama dengan Sola Digital Arts, chapter terbaru dalam kisah Stand Alone Complex universe telah dibuka di saluran Netflix mulai tanggal 23 April 2020.

Kelanjutan Dengan Old & New

SAC_2045 masih disutradarai oleh Kenji Kamiyama yang juga menyutradarai ketiga anime Stand Alone Complex sebelumnya. Namun ia tidak sendirian kali ini karena ditemani oleh Shinji Aramaki (ULTRAMAN, Appleseed), meneruskan kolaborasi mereka sejak ULTRAMAN. Untuk musik di anime ini, sayangnya komposisi soundtrack sudah tidak dipegang oleh Yoko Kanno, namun oleh kolaborasi Nobuko Toda (Metal Gear Solid series) dan Kazuma Jinnouchi (Busou Shinki: Moon Angel), meneruskan kolaborasi mereka dari ULTRAMAN.

Untuk cast sendiri, seluruh pengisi suara utama dari seri Stand Alone Complex seperti Tanaka Atsuko, Otsuka Akio, dan Koichi Yamadera, kembali mengisi role mereka masing-masing dengan tambahan Megumi Han untuk karakter Purin, anggota Section 9 terbaru, serta Megumi Hayashibara yang mengisi suara tokoh Takashi Shimamura, seorang anak laki-laki yang berhubungan dengan kasus besar kali ini.

The Series

Stand Alone Complex sebagai sub-series dalam franchise Ghost in The Shell dimulai dengan seri pertamanya Ghost in the Shell Stand Alone Complex di tahun 2002 sebanyak 26 episode, yang kemudian dilanjutkan oleh season keduanya, Stand Alone Complex 2nd Gig di tahun 2004 yang juga memiliki 26 episode. Bagian kedua dari anime tersebut mendapatkan lanjutan berupa television movie yang berjudul Solid State Society di tahun 2006. Ketiganya memfokuskan cerita Motoko Kusanagi dan Section 9 dalam memecahkan kasus besar yang berhubungan dengan teknologi cybernetic.

SAC_2045 Section 9
SAC_2045 Section 9

Walaupun tidak sedalam kedua movie Ghost in the Shell buatan sutradara Mamoru Oshii,  namun Stand Alone Complex masih memiliki keseriusan tersendiri dalam penceritaan. Hal tersebut digambarkan dalam social commentary yang disusupkan dalam arc besar yang terbagi-bagi dalam episode-episode Complex, yang di mana masing-masing merupakan episode yang berdiri sendiri (stand alone), namun saling terkait dalam arc besarnya. Ini membedakannya dengan episode Stand Alone biasa yang lebih berupa filler episode. Walaupun begitu, episode-episode Stand Alone kadang menjadi medium yang pas untuk pembahasan filosofi yang tidak berkaitan dengan filosofi di arc besar, menjadikannya selling point tersendiri untuk keseluruhan format anime ini.

Baca juga  Nasib Buruk Spring Anime 2020

The Philosophy

Stand Alone Complex sendiri dalam animenya merujuk kepada berbagai hal. Yang paling mudah dimengerti sebagai contoh konsep ini adalah team work para anggota Section 9 sendiri dalam menyelesaikan sebuah kasus. Di mana sinkronisasi antara aksi mereka di dunia nyata dan teknologi cybernisasi menjadikan suatu kesatuan yang kompleks. Satu lagi arti dari Stand Alone Complex adalah rangkaian kejadian yang seakan tidak saling berhubungan, namun didukung oleh aksi yang sama oleh berbagai individu, menghasilkan sesuatu yang terpadu. Untuk yang terakhir ini bisa dilihat dari fenomena peniru The Laughing Man di season 1, maupun juga aksi Individual 11 di 2nd GiG.

Seperti apa SAC_2045?

Bersettingkan di tahun 2045, SAC_2045 menceritakan situasi di mana Motoko Kusanagi sudah meninggalkan Section 9 enam tahun sebelumnya, Dirinya kali ini ambil andil dalam Sustainable War, sebuah paham di mana perang merupakan sebuah industri. Bersama dengannya adalah anak buahnya sejak Perang Dunia IV, yaitu Batou, Ishikawa, Saito, dan ketiga Tachikoma yang AI-nya ia bangun kembali sebelum cerita Solid State Society, mereka menjalankan misi sebagai mercenary dalam team yang disebut GHOST. Aktifitas mereka akhirnya menarik perhatian NSA (National Security Agency), yang ingin menggunakan Motoko dan teman-temannya untuk menangkap para Post Human untuk kepentingan American Empire di Sustainable War

SAC_2045 additional chara
SAC_2045 Additional Chara

Impression

Sebagai anime terbaru dalam seri Stand Alone Complex, SAC_2045 tidak bisa dibilang 100% perfect. Dengan hanya 12 episode untuk season pertama ini, format yang diterapkan masih sama dengan seri-seri sebelumnya. Episode 1-4 digunakan untuk pengenalan, dan konflik besar yang menjadi arc diperkenalkan di episode 5. Hanya saja, untuk kali ini, episode pengenalan menurut saya lebih terasa sebagai satu movie panjang yang dipangkas-pangkas. Mungkin mereka akan lebih baik jika menjadi episode tersendiri.

SAC_2045 GHOST TEAM

Post Human sebagai kasus besar di seri ini walaupun ide bagus untuk menunjukkan ancaman cybernetik yang menakutkan, sayangnya tidak segreget The Laughing Man ataupun Invidual Eleven. Untungnya konsep tersebut sedikit terbantu saat dua episode terakhir memfokuskan tentang salah satu Post Human, Takashi Shimamura, yang seakan memberitahukan penonton bahwa kunci penyelesaian ada di anak ini.

sac_2045 event-03

Dari segi karakter, tidak bisa dipungkiri, walaupun karakteristik para tokoh utama masih sama, penggambaran ulang Motoko yang terlihat lebih muda dibandingkan penampilannya di seri-seri Stand Alonce Complex sebelumnya, membuat hilang kesan cool mature beauty yang sudah tertanam di SAC. Penambahan unsur moe ini juga diperparah dengan keberadaan Purin, yang tindakan moenya tidak pas dengan setting military Section 9. Kalau dibandingkan dengan Tachikoma yang lebih terasa lucu, keberadaan Purin malah justru terasa annoying dan merusak tone serius Stand Alone Complex.

SAC_2045 event-02

Dilihat dari segi visual, SAC_2045 memiliki grafik yang indah. Kedetilan yang biasanya ada di Ghost in The Shell masih terjaga dengan baik, terutama jika bicara soal keluwesan pergerakan mekanik di seri ini yang cukup ok. Sedangkan untuk para tokohnya, bisa dilihat dikarenakan menggunakan motion capture, gerakan yang ditampilkan terasa natural, walaupun untuk action, tidak se-wah seri-seri sebelumnya. Ini cukup menunjukkan kelemahan motion capture untuk seri anime yang sebenarnya dituntut sedikit over the top. Satu lagi yang tentunya masih kurang adalah ekspresi wajah yang cukup kaku, sehingga ada beberapa bagian di mana emosi karakter hanya bisa tersampaikan oleh suara dan tidak lewat visual.

SAC_2045 Joint Promo
SAC_2045 + ULTRAMAN 2nd Season Joint Promo

Jadi itulah dia SAC_2045 Mobidachi. Berapa banyak dari kalian yang pernah mengikuti seri-seri sebelumnya? Dan bagaimana menurut kalian tentang anime yang terbaru ini? Ayo tuliskan komen kalian di bawah ya.

(Visited 179 times, 1 visits today)

Mahessa Fiermanda

Otaku Since 1980s. Freelance writer, designer, and teacher.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
x