The VTuber Awards 2023, Penghargaan VTuber Pertama Akan Digelar Desember Nanti

Kontributor: Surya IL
Penyunting: Kikitondo

The VTuber Awards 2023, Penghargaan VTuber Pertama Akan Digelar Desember Nanti - Otaku Mobileague

The Vtuber Awards 2023 menjadi ajang penghargaan pertama khusus Vtuber yang pertama kali di prakarsai oleh VTuber Filian

Budaya VTuber telah berkembang pesat sejak pelopor industri pertama kali bangkit. Orang-orang seperti Kizuna AI, Kaguya Luna, dan Mirai Akari membuka jalan bagi Hololive dan Nijisanji untuk kemudian bangkit dan membangun jenis pembuatan konten baru.

Banyak VTubers baru ketika pandemi covid-19 di seluruh dunia. Hingga tahun ini sudah tercatat ada 10.000 lebih VTuber yang aktif di YouTube dan tentunya memiliki basis fans yang besar.

The VTuber Awards akan menjadi sebuah ajang penghargaan pertama kali yang dikhususkan untuk para pelaku industri VTuber. Inilah hal hal yang perlu diketahui mengenai ajang penghargaan The VTuber Awards 2023.

Tanggal Penayangan The VTuber Awards 2023

The VTuber Awards 2023, Penghargaan VTuber Pertama Akan Digelar Desember Nanti - Otaku Mobileague

The VTuber Awards 2023 rencananya diadakan pada bulan Desember 2023. Belum ada tanggal pasti mengenai kapan tepatnya ajang perhargaan VTubers pertama ini.

Siapa yang mengadakan The VTuber Awards 2023?

The VTuber Awards 2023, Penghargaan VTuber Pertama Akan Digelar Desember Nanti - Otaku Mobileague

VTuber Awards 2023 diadakan oleh VTuber bernama Filian. Filian merupakan seorang VTuber dengan pengikut sebesar 600.000 di Twitch. Filian yang merupakan VTuber independen populer bekerja sama dengan Mythic Talent, sebuah perusahaan manajemen bakat yang didirikan oleh anggota OTK Asmongold dan TipsOut.

“Merupakan impian saya untuk menyatukan seluruh komunitas Vtubing,” tulis Filian dalam tweet yang mengumumkan The VTuber Awards. “Pertunjukan ini akan menjadi BESAR.”

Baca juga  HOLOSTARS EN -Tempus- Magni Dezmond dan Noir Vesper Akan Graduate, Setelah Satu Bulan Hiatus

Siapa yang akan menjadi MC selama acara The VTuber Awards 2023?

The VTuber Awards 2023, Penghargaan VTuber Pertama Akan Digelar Desember Nanti - Otaku Mobileague

Filian akan membawakan kemeriahan acara The VTuber Awards 2023 di akun pribadinya, di mana dia sebelumnya pernah berkolaborasi dengan orang-orang besar seperti CEO Twitch Dan Clancy. Filian akan menjadi MC dalam acara tersebut juga.

Pengumuman Penghargaan VTuber

Filian mengumumkan Penghargaan VTuber mendatang di akun Twitter-nya. Pengumumannya mengungkapkan beberapa detail awal tentang acara tersebut termasuk tujuannya untuk “menyatukan seluruh komunitas VTubing”.

Alasan Mengapa The VTuber Awards Diadakan

The VTuber Awards 2023, Penghargaan VTuber Pertama Akan Digelar Desember Nanti - Otaku Mobileague

Salah satu alasan mengapa The VTuber Awards diselenggarakan adalah karena belum adanya ajang penghargaan yang benar benar dikhususkan untuk para VTuber atau pelaku usaha dibalik layar VTuber

Meskipun saat ini ada ajang penghargaan seperti Streamer Awards dan juga Streamy Awards namun rasanya itu masih belum cukup untuk mengakomodir seluruh pelaku di industri VTubers ini.

Selain itu Filian juga memiliki mimpi untuk menyatukan seluruh komunitas VTuber di seluruh dunia. 

Penghargaan VTuber mungkin akan menghormati pembuat konten virtual di berbagai kategori, tetapi kami belum tahu seberapa besar cakupan acaranya. Awasi akun Twitter Filian dan Mythic Talent untuk mempelajari detail lebih lanjut tentang streaming saat tersedia.

Sekilas Mengenai VTuber

The VTuber Awards 2023, Penghargaan VTuber Pertama Akan Digelar Desember Nanti - Otaku Mobileague

VTuber adalah YouTuber yang diwakili oleh avatar digital yang dihasilkan oleh grafik komputer. YouTuber virtual merupakan karakter fiksi 2D maupun 3D yang menjalankan sebuah Channel YouTube. YouTuber virtual berperan sebagai penghibur daring yang menggunakan avatar yang dibuat oleh komputer (biasanya terinspirasi oleh anime).

Kehadiran Youtuber virtual dapat dihubungkan dengan unggahan vlogger Jepang yang berbasis di Inggris, Ami Yamato yang menampilkan avatar animasi virtual yang berbicara ke kamera pada tanggal 13 Juni 2011.

Baca juga  Avatar Milik Agata Ichiro Adalah Plagiat VTuber Indie Asal Jepang, Kagami Kowloon

YouTuber virtual ini menggunakan teknologi pencitraan hasil komputer yang mampu menghasilkan karakter 3D maupun 2D menjadi seolah-olah hidup dan mampu berinteraksi seperti mimik wajah, ekspresi dan lain-lain.

Karena tidak mungkin karakter virtual ini mempunyai jiwa atau emosi sendiri, karakter virtual ini bagaikan boneka/wayang dan ada orang yang mengendalikan karakter virtual ini dari belakang. Orang yang mengendalikan karakter virtual ini menggunakan penangkap gerak untuk merekam setiap gerakan dan raut wajah yang kemudian diterapkan ke dalam model karakter virtual.

Penghibur pertama yang menciptakan frasa “YouTuber virtual”, Kizuna AI, mulai membuat konten di YouTube pada akhir 2016, dan popularitasnya memulai tren VTuber di Jepang dan kemudian di seluruh dunia. 

Kesimpulan VTuber Awards 2023

Dengan merebaknya budaya VTuber dan belum adanya wadah atau ajang penghargaan yang dibuat khusus untuk industri VTuber, maka diadakanlah The VTuber Awards 2023. Ajang tersebut akan berlangsung pada bulan Desember 2023 dan akan ditayangkan di channel Twitch Filian dan tentunya Filian akan menjadi MC di acara tersebut.
Baca juga Elaine dari KoMETA Akan Mendapat Penerus Berdasarkan dari Avatar Lamanya

Sumber

(Visited 18 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.