Elaine dari KoMETA Akan Mendapat Penerus Berdasarkan dari Avatar Lamanya

Kontributor : Salsabila Astri
Penyunting : Kikitondo

Tanpa mengurangi rasa hormat dari pengisi suara Elaine dari KoMETA , Avatarnya akan mengalami sedkit perubahan sebagai pembeda dari pengisi suara Elaine yang baru

Dalam era digital yang semakin maju ini,  Virtual YouTuber (VTuber) merupakan hal yang semakin populer, baik itu dalam pilihan karir ataupun sekedar menjadi penggemar. Seiring dengan banyaknya talenta VTuber baru yang muncul, terdapat juga para VTuber yang lulus dan meninggalkan dunia per-VTuber-an, dengan berbagai alasannya masing-masing.

Belum lama ini, salah satu VTuber virtual diva asal agensi KoMETA, Elaine atau biasa juga dipanggil MommyLaine, memutuskan untuk lulus dan menghentikan segala aktivitasnya sebagai VTuber. Kabar kelulusan seorang VTuber memang bukanlah hal yang baru, apalagi di komunitas dunia VTuber yang terus memunculkan talenta-talenta VTuber baru. Namun, ternyata ada beberapa hal yang menarik dan bisa kita pelajari dari kelulusan diva satu ini, lho

Konten di Channel VTuber yang Menjadi Kenangan Penggemar

Elaine KoMETA

VTuber bekerja untuk menyediakan konten menarik yang ditonton penggemarnya, sehingga channel atau platform yang mereka gunakan pun menjadi arsip video-video dari siaran langsung yang mereka lakukan, dan bisa ditonton kembali dan di-klip oleh penggemar. Namun sayangnya, tidak jarang bagi para VTuber yang telah lulus, konten yang tersedia di channel mereka di-private, bahkan dihapus. Hal ini pun seringkali disayangkan oleh penggemar, karena tidak sedikit penggemar yang memiliki kenangan manis ataupun konten favorit dari VTuber tersebut.

Baca juga  8 Agensi VTuber Yang Kini Ada di Indonesia

Hal ini juga mulanya terjadi pada konten-konten yang diunggah Elaine di channel nya. Seluruh konten di YouTube Elaine mulanya akan di-private dan unlist dari YouTube. Akan tetapi, hal ini berhasil dibatalkan karena banyaknya respon dari penggemar yang ingin agar konten Elaine tidak di-private ataupun unlist. Dan hingga saat ini, semua video Elaine di channel YouTube nya masih dapat ditonton dan dinikmati oleh semua orang. 

VTuber Sebagai “Karakter” yang Bisa Digantikan

Elaine KoMETA

Sebelum dirinya resmi lulus, Elaine menyebutkan salah satu harapannya agar karakter “Elaine” dapat terus hidup dan dilanjutkan oleh orang lain. KoMETA pun menyatakan bahwa ide agar karakter “Elaine” digantikan oleh orang berbeda merupakan murni keputusan dari diri Elaine. Rencana untuk melakukan recast karakter Elaine pun pada mulanya akan tetap disertai oleh Elaine sendiri karena ia ingin memastikan Elaine berikutnya bisa dan mampu menghormati karakter Elaine dan dapat membuat lebih banyak lagu yang bisa dinikmati semua orang.

Lagi-lagi, pernyataan bahwa akan adanya recast pada karakter Elaine tentunya mendapat berbagai respon dari penggemarnya. Ibarat tidak cukup sudah kehilangan idolanya, namun kini sosok idola mereka pun akan digantikan oleh orang yang sama sekali belum diketahui oleh penggemar. Keputusan ini pun akhirnya tidak dilanjutkan, dan pihak KoMETA juga menyatakan bahwa sebagai pengganti Elaine, akan ada VTuber baru yang memiliki personality, nama, dan juga desain yang berbeda dengan Elaine. GIRA dari pihak KoMETA juga menambahkan bahwa setiap talenta yang ada  KoMETA tak tergantikan bagi dirinya.

Kekuatan Fans yang Memungkinkan untuk Mengubah Keputusan Perusahaan

Elaine KoMETA

Dari kedua hal ini yang terjadi pada momen-momen kelulusan Elaine, suara dari mayoritas penggemar memungkinkan untuk suatu perusahaan mengubah keputusannya. Memang, keputusan ini diakui oleh GIRA selaku CEO dari KoMETA, juga bukan merupakan hal yang mudah. GIRA juga mengatakan bahwa ia mengerti rasa frustasi yang dirasakan oleh fans karena keputusan perihal karakter dan video dari Elaine, namun setelah diskusi internal yang panjang, pernyataan terakhir dari pihak KoMETA pun dianggap penggemar sebagai keputusan yang baik, karena berani untuk mendengar suara komunitas, dan juga transparansi akan hal-hal yang terjadi pada talenta nya.

Baca juga  Channel VTuber Berkonten Dewasa Asahina Meiro Dihanguskan YouTube

Elaine KoMETA Lulus Karena Masalah Kesehatan

Elaine KoMETA

Elaine adalah seorang idol virtual dari KoMETA yang senang menyanyi dan mengekspresikan dirinya lewat musik. Idol yang sangat dicintai oleh penggemarnya ini memutuskan untuk graduate karena permasalahan kesehatan dirinya yang semakin memburuk. Elaine sebelumnya memang telah diketahui memiliki masalah kesehatan yang cukup berat, sehingga agar gejala penyakitnya dapat berkurang, ia terpaksa memilih untuk graduate dari dunia VTuber.

Telah Berkarir Sebagai VTuber Hampir 3 Tahun Lamanya

KoMETA Elaine

Elaine memulai debutnya di tanggal 7 Desember 2021, dan pada debutnya ia juga mengungkapkan lagu original pertamanya yang ia tulis sendiri dengan judul “STARLIT RIDE”. Di awal tahun 2023, Elaine mengumumkan bahwa dirinya akan mengurangi jadwal siaran karena alasan kesehatan. Ia resmi lulus pada tanggal 3 Mei 2023, dan graduation stream nya berlangsung pada tanggal 8 Mei 2023 lalu.

Kesimpulan

Meski fans menyayangkan tetap tidak bisa membuat pengisi suara Elaine untuk bertahan. Namun Fans berhasil mengubah keputusan agensi yang akan recast karakternya tanpa perubahan pada karakter Elaine yang hendak digantikan pengisi suaranya. Fans berharap dengan perubahan tersebut akan membuat tampilan Elaine yang baru terlihat sebagai penerus dari pengisi suara terdahulu dan menegaskan bahwa perubahan tersebut tidak menghapus jejak riwayat dan pencapaian dari pengisi suara Elaine terdahulu.

Keberadaan seorang VTuber memang tidak lepas dari penggemarnya. Dari kisah graduation Elaine ini, kita bisa melihat bahwa suara penggemar bisa membawa perubahan yang positif pada keputusan perusahaan, dan membuat kenangan dari VTuber yang telah graduate masih bisa dinikmati oleh semua orang.
Baca juga ketar-ketir Twitter Freak ketika VTuber baru Henya sang Jenius dari VShojo debut.

(Visited 25 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.

Index