5 Fakta Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation yang Harus Kamu Tahu!

Salah satu fakta Mushoku Tensei yang paling unik adalah adanya studio khusus untuk adaptasi animenya.

Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation merupakan manga yang bisa disebut sebagai prototype sebagai manga, anime, novel bertema isekai di era modern ini. Mushoku Tensei adalah sebuah novel karya Rifujin no Magonete ini mulai dirilis pada pertengahan 2000an. Banyak dari pengarang modern terinspirasi berbagai konsep di dalam manga ini. 

Secara singkat, Mushoku Tensei bercerita mengenai seseorang yang tidak disebutkan namanya diusir dari rumahnya setelah orang tuanya meninggal dunia. Dia merasa dirinya sudah tidak berguna dikarenakan dirinya pengangguran dan sering di-bully. Suatu hari, dia mendapati sekelompok anak yang hampir tertabrak truk. Tanpa pikir panjang ia pun menyelamatkan nyawa anak tersebut dan tewas. 

Namun saat dia membuka matanya, dirinya mendapati bangun sebagai seorang bayi bernama Rudeus Greyrat di dunia yang baru. Akhirnya dia menentukan untuk membuang masa lalunya dan hidup sebagai Rudeus Greyrat tanpa penyesalan. 

Manga ini sukses disukai oleh banyak orang dikarenakan konsep dan alur cerita yang sangat unik.

Berbagai fakta Mushoku Tensei akan dikupas di artikel ini, jadi baca sampai akhir ya

5 Fakta Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation

Studio Anime yang Dibuat Khusus Demi Adaptasi Mushoku Tensei

5 Fakta Mushoku Tensei

Fakta Mushoku Tensei pertama adalah mengenai studio yang menggarap adaptasi manga ini. Studio tersebut bernama Studio Bind. Studio Bind merupakan studio produksi anime bentukan dari kerjasama antara dua studio besar, Egg Firm (Sword Art Online Alicization) dan White Fox (Re: Zero Kara Hajimeru Isekai Seikatsu). Studio ini dibentuk pada tahun 2018.

Baca juga  Neko Neneka Mengumumkan Berhenti Pada 28 Februari Untuk Rebranding

Meskipun project pertama dari Studio Bind adalah episode 21 dan 22 dari anime Karakuri Circus, akan tetapi chief produksi Studio Bind mengatakan bahwa studio ini dibuat khusus untuk adaptasi dari sebuah light novel yang mustahil untuk diwujudkan dalam bentuk anime. Anime yang dimaksud adalah Mushoku Tensei.

Illustrator Manga Mushoku Tensei adalah Yuka Fujikawa

5 Fakta Mushoku Tensei

Fakta Mushoku Tensei yang kedua adalah manga ini merupakan ciptaan dari Yuka Fujikawa. Lebih tepatnya, Yuka Fujikawa lah yang mengilustrasikan manga tersebut, tetapi ceritanya tetap ditulis oleh Rifujin na Magonote. Manga ini diterbitkan oleh Media Factory dan memulai debutnya pada majalah Monthly Comic Flapper Edisi Juni pada tahun 2014.

Dengan volume pertama yang dirilis pada 23 Oktober 2014, serial ini telah dikompilasi menjadi 16 volume tankobon pada bulan Desember 2021.

Sebelumnya Terbit Sebagai Web Novel

5 Fakta Mushoku Tensei

Fakta Mushoku Tensei yang ketiga adalah sebelum akhirnya dibukukan, Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation terlebih dahulu terbit sebagai web novel dalam situs bernama Shōsetsuka ni Narō. Novel ringan tersebut terbit sepanjang 22 November 2012 sampai 3 April 2015 dengan total 25 volume.

Disebut sebagai Novel Terbaik di Shosetsuka ni Naro

5 Fakta Mushoku Tensei

Fakta Mushoku Tensei keempat adalah disebut sebagai novel naro terbaik. Setiap season dari manga ini diupload di sebuah webnovel bernama “Shosetsuka ni Naro” (Let’s become Novelist) dan disingkat menjadi Naro.

Meskipun diterbitkan relatif bersamaan dengan Re:Zero, Konosuba, dan The Rising of the Shield Hero, anehnya Mushoku Tensei mendapatkan adaptasi animenya terakhir dibandingkan ketiganya. Novel-novel Naro bisa disebut sebagai meta novel, yang awalnya merupakan kumpulan cerita bersifat fan-fiction.

Begitu juga dengan Re: Zero, Konosuba, Rising of the Shield Hero, dan Mushoku Tensei. Semua cerita itu merupakan cerita meta tentang terdampar atau reinkarnasi di dunia lain ala fantasi. Mereka memiliki berbagai trope dan elemen yang umumnya didapatkan pada cerita isekai.

Baca juga  Fashion Anime Lovers Wajib Tahu! 5 Toko Kaos Anime di Tokyo Terbaik dan Terlengkap!

Pengarang Mushoku Tensei, Rifujin No Magonote pernah mengungkapkan kalau cerita Mushoku Tensei tak cocok untuk diadaptasi menjadi anime.

Redundancy Chapter Mengandung Part yang Dihapus oleh Rifujin na Magonote Dikarenakan Kontroversial

5 Fakta Mushoku Tensei

Setelah cerita utama di web novelnya tamat, Rifujin No Magonote tak lantas menaruh pena dan menyelesaikan cerita di dunia Mushoku Tensei. Sang pengarang sudah merilis beberapa chapter yang jumlahnya bisa dikumpulkan untuk menjadi beberapa volume novel.

Kumpulan cerita tambahan sekaligus sekuel Mushoku Tensei ini biasa disebut Redundancy Chapter, yang menceritakan kelanjutan kehidupan keluarga Rudeus, teman-temannya, dan yang paling menerima highlight adalah anak-anak Rudeus.

Faktanya, ada beberapa chapter yang akhirnya dihapus oleh Rifujin No Magonote, karena mengandung elemen yang dia anggap kelewat batas. Salah satunya adalah Chapter yang menceritakan hubungan cinta antara adik Rudeus, Aisha, dengan putra pertama Rudeus, Ars.

Itulah kelima Fakta Mushoku Tensei yang diulas dalam artikel ini. Meskipun ada kontroversial di dalamnya, anime ini tetap dapat mengambil hati para penggemarnya melalui cerita yang unik dan juga dunia isekai yang luas serta sangat indah.

sumber:

Penulis : Surya IL
Penyunting: Kikitondo

(Visited 25 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.