NewsKabar Artis

BABYMETAL World Tour 2023, Salah Satunya Destinasi Tournya, Indonesia

Kontributor: Surya IL
Penyunting: Kikitondo

“BABYMETAL World Tour 2023 akan menjelajahi negara-negara Asia dan Australia.”

BABYMETAL, idol grup beraliran metal yang terdiri dari 2 orang yaitu Moa-Metal dan Su-Metal akan menggelar world tour pertamanya di tahun 2023. BabyMetal sempat akan menggelar tour ke 4 negara termasuk Indonesia, tetapi tertunda karena merebaknya Covid-19.

BABYMETAL Tampil di Indonesia Mei Bersama Suga BTS

Suga BTS

BABYMETAL akan memulai World Tour pertamanya di Indonesia pada tanggal 26 Mei 2023. Tepatnya di Indonesia Exhibition Center (ICE BSD City) hall 10. Menariknya, BabyMetal World Tour ternyata bersamaan dengan konser dari Suga BTS yang bertajuk Agust D Tour yang digelar di tempat yang sama yakni ICE BSD City hall 5-6 di tanggal 26, 27, 28 Mei 2023.

Tur konser BABYMETAL di Indonesia sendiri akan ditangani oleh promotor iME yang sebelumnya baru saja menggelar konser “Blackpink Born Pink World Tour” di stadium Gelora Bung Karno, Jakarta pada 11-12 Maret lalu. Baik dari pihak BABYMETAL maupun iME belum ada informasi kapan dan bagaimana pemesanan tiket untuk World Tour tersebut.

Dilansir dari Instagram @babymetal_official, setelah menggelar konser di Indonesia, BABYMETAL akan melanjutkan World Tournya ke beberapa negara Asia seperti Thailand di Bangkok pada tanggal 28 Mei, Hongkong pada tanggal 31 Mei, Taipei pada tanggal 2 Juni, dan Malaysia di Kuala Lumpur pada tanggal 4 Juni.

Selain Asia, beberapa kota di Australia juga akan kebagian tur konser dari Baby Metal. Kota tersebut adalah Brisbane (8 Juni), Sydney (9 Juni), dan Melbourne (11 Juni).

Biografi BABYMETAL

BABYMETAL

BABYMETAL sendiri adalah sebuah grup musik idol beraliran metal yang dibentuk beranggotakan 3 gadis remaja, Yuimetal, Moametal, dan Sumetal. Muncul sejak 2010, grup ini awalnya merupakan salah satu sub-unit dari grup idola Sakura Gakuin. 

Baca juga  Mangaka “Sakamoto Desu Ga?” Meninggal Dunia

Dengan konsepnya yang unik, mereka berhasil naik daun dan bahkan sering tampil sepanggung dengan berbagai band metal papan atas dunia dalam berbagai gelaran konser festival musik. 

Babymetal pertama kali tampil secara live pada 28 November 2010, di konser solo pertama Sakura Gakuin. Lagu pertama mereka adalah “Doki Doki Morning”, yang sebenarnya diterbitkan pada April 2011 dalam album “Sakura Gakuin 2010 Nendo: Message”. 

Pada Juli 2011, Babymetal memulai debut mereka dengan lagu, “Ijime, Dame, Zettai” (” tidak ada lagi pelecehan”), dalam konser Sakura Gakuin, tetapi lagu itu hanya dinyanyikan selama konser live pada waktu itu.

Pada 26 Februari 2014, Babymetal merilis album self-titled perdananya. Album tersebut berisi 13 trek lagu dan juga tersedia dalam edisi terbatas termasuk DVD dengan Video musik dan penampilan live. 

Album ini sangat diterima dengan baik oleh kritikus musik dan publik, terjual sebesar 37,000 kopi di Jepang pada minggu pertamanya, menduduki peringkat 4 di tangga lagu Oricon dan Billboard Japan. 

Bahkan, album tersebut juga menduduki posisi terbaik di iTunes Metal charts di Jerman, Inggris, dan Amerika, dan mencapai urutan 187 pada US Billboard 200 chart pada 22 Maret; hanya sedikit artis Jepang yang pernah masuk di tangga lagu ini. 

Album mereka juga berhasil masuk ke dalam Heatseekers chart di urutan ke 4. pada 1 dan 2 Maret 2014, band ini menampilkan 2 konser di Budokan. Dengan rata – rata usia 14 tahun. mereka menjadi artis termuda yang pernah melakukan konser di sana. 

Dua konser tersebut dihadiri 20,000 orang. Pada 3 April 2014, video reaksi Youtube dengan terkejut diunggah oleh Fine Brothers channel di Youtube tentang video musik “Doki Doki Morning”, “line!”, and “Gimme Chocolate!!”. Pada 30 April 2016, video reaksi Babymetal untuk reaksi mereka di rilis di Youtube.

Baca juga  Jelang World Tour, BabyMetal Umumkan Member Baru Mantan Kontestan Girls Planet 999

Sebelumnya di tahun 2018 lalu, Yuimetal telah hengkang dari grup ini dan meninggalkan 2 personil yang tersisa. Yuimetal keluar dari BABYMETAL dikarenakan tubuhnya yang tidak sehat dalam waktu yang lama. Walaupun begitu dia ingin berdiri sendiri dengan namanya sendiri. Dua anggota tersisa pun memutuskan untuk melanjutkan BABYMETAL setelah hengkangnya satu anggota mereka.

BABYMETAL juga sebelumnya pernah tampil di Indonesia pada tahun 2013 lalu dalam event Anime Festival Asia Indonesia 2013 (AFAID 2013). BABYMETAL juga sempat dikabarkan akan hadir di acara Dewata Anime Festival di tahun 2015 lalu, tetapi kabar tersebut hanyalah hoax belaka dan diketahui ternyata batal digelar akibat uang yang dibawa lari oleh ketua panitia acaranya.

Baca juga artikel tentang artis lainnya di Otaku,Mobileague

sumber:

Suga BTS Gelar Konser di Indonesia, Catat Jadwalnya (kompas.com)

Babymetal World Tour 2023 Hadir di Indonesia | Hypebeast

BABYMETAL on Instagram: “BABYMETAL WORLD TOUR 2023 開催決定!!🪩 待望のアジアツアー&オーストラリアを巡る、約3年ぶりとなる海外ワンマンツアーDEATH🤘🦊🤘 ✈️ 6.2(金)開催「BABYMETAL WORLD TOUR 2023 Live in…”

BABYMETAL Siap Guncang Jakarta Mei 2023! – KAORI Nusantara

(Visited 88 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.