Seputar IndustriNews

Cuitan 2 Pengisi Suara Genshin Impact Versi EN Mendapat Sorotan Akibat Gaji yang Belum Dibayarkan

Dua pengisi suara Genshin Impact versi EN mengaku belum mendapatkan gaji hingga miHoYo angkat suara.

Salah satu game terfavorit saat ini, Genshin Impact tengah menjadi perbincangan hangat di sosial media. Pasalnya pihak pengembang Genshin Impact yakni miHoYo diduga tidak membayarkan gaji kepada para aktor pengisi suara karakter mereka.

Corina Boettger, yang mengisi suara dari karakter Paimon, mengungkapkan kekesalannya melalui media sosial pribadinya. Dalam cuitannya di Twitter, dia mengungkapkan bahwa Corina telah bekerja dengan miHoYo selama beberapa bulan dalam project menjadi pengisi suara karakter di Genshin Impact Paimon.

Corina Boettger Mengaku Berhutang Guna Melanjutkan Hidup

Cuitan 2 Pengisi Suara Genshin Impact Versi EN Mendapat Sorotan Akibat Gaji yang Belum Dibayarkan - Otaku Mobileague

Namun, hingga pernyataan tersebut dibuat, Corina Boettger belum menerima sepeserpun gaji yang seharusnya dibayarkan oleh pengembang Genshin Impact tersebut. Imbas dari gaji yang tak kunjung dibayarkan, Corina Boettger mengaku bahwa dia harus berhutang agar tetap bisa melanjutkan hidupnya.

“(Saya) telah bekerja selama (beberapa) bulan tanpa bayaran untuk proyek besar untuk sebuah studio. Saya berutang ribuan dolar, proyek ini menghasilkan miliar,” ungkap Corina.

Pernyataan serupa ternyata dilontarkan oleh Brandon Winckler. Brandon Winckler adalah seorang pengisi suara minor karakter dan additional karakter di Genshin Impact. Meskipun perannya tidak seperti Corina Boettger yang mengisi suara karakter utama, namun Brandon Winckler harusnya memiliki gaji yang harus dibayar oleh miHoYo.

Bahkan, ia sudah lima kali melayangkan email kepada miHoYo, mengenai gajinya yang tak kunjung dibayar. Ia mengaku, miHoYo tidak merespons balik dari email Brandon. “(Ini) tidak dapat dimaafkan bagi kami sebagai aktor, untuk menunggu empat bulan lebih untuk gaji ketika kalian menghasilkan 86 juta dollar sebulan,” ungkapnya.

Baca juga  Nostalgia Nonton Tokusatsu Jadul, TOEI Buka Channel Youtube Resmi

Lebih dari itu, Brandon juga meminta pertanggungjawaban dari miHoYo, selaku pengembang Genshin Impact, untuk segera membayarkan gaji yang menunggak selama berbulan-bulan. “Saya sangat muak menunggu tiga bulan lebih untuk pembayaran proyek video game terbesar di luar sana,” lanjutnya.

Cuitan 2 Pengisi Suara Genshin Impact Versi EN Mendapat Sorotan Akibat Gaji yang Belum Dibayarkan - Otaku Mobileague

Pendapat berbeda dilontarkan oleh pengisi suara Diluc, Sean Chiplock. Ia menuturkan, miHoYo seharusnya tidak patut disalahkan atas permasalahan tersebut. Ia mengaku, bahwa yang harusnya disalahkan atas masalah gaji yang menunggak berbulan-bulan adalah pihak studio rekaman, tempat mereka melakukan pengisian suara.

“Harap diingat bahwa MiHoYo adalah penerbitnya, bukan studio rekaman tempat kami bekerja,” sebut Chiplock.

“Mereka mungkin sama sekali tidak menyadari masalah ini seperti kalian semua, dan harapannya adalah mereka dapat dibuat menyadari bagaimana hal itu memengaruhi citra mereka, dan melalui tindakan selanjutnya (adalah) memperbaikinya,” sambungnya.

Tanggapan dari miHoYo

Cuitan 2 Pengisi Suara Genshin Impact Versi EN Mendapat Sorotan Akibat Gaji yang Belum Dibayarkan - Otaku Mobileague

Permasalahan dari gaji para pengisi suara karakter Genshin Impact tersebut, akhirnya sampai ke telinga miHoYo. Pengembang game tersebut memberikan pernyataan mengenai permasalahan yang terjadi sekarang ini.

miHoYo menyebutkan, gaji yang menunggak tersebut merupakan kesalahan dari pihak studio rekaman. Bahkan, pengembang Genshin Impact itu juga telah melakukan transaksi pembayaran gaji para pengisi suara, kepada pihak studio rekaman.

Namun menurut miHoYo, pihak tersebutlah yang harusnya didesak untuk segera melakukan pembayaran gaji para pengisi suara, yang telah menunggak selama berbulan-bulan.

“Genshin Impact menghargai dan menghormati pekerjaan dan upaya semua orang yang terlibat, dan kami mendukung pengisi suara kami untuk mengklaim hak mereka. Kami telah melakukan pembayaran ke studio rekaman kami tepat waktu, dan kami segera mendesak studio untuk membayar (gaji) pengisi suara kami,” ungkap miHoYo.

Sebaliknya, miHoYo juga melakukan upaya mencari alternatif penyelesaian masalah yang terjadi, dan memastikan hal tersebut tidak akan terulang lagi di masa mendatang. “Sementara itu, kami juga mencari solusi alternatif (dari permasalahan ini). Kami akan terus mengabari semua orang tentang perkembangan lebih lanjut,” tutup miHoYo.

Baca juga  Deretan Anime Populer Musim Gugur 2022

Sekilas Tentang Genshin Impact

Cuitan 2 Pengisi Suara Genshin Impact Versi EN Mendapat Sorotan Akibat Gaji yang Belum Dibayarkan - Otaku Mobileague

Game online besutan mihoYo ini sudah resmi dirilis pada 28 September 2020. Sejak beberapa waktu terakhir, Genshin Impact sudah ditunggu oleh para penggemar game MMORPG. Terbukti setelah dirilis selama empat hari, gim ini telah diunduh oleh lebih dari 17 juta kali.

Genshin Impact ini tersedia bukan hanya di Android saja, tetapi juga bisa dimainkan melalui platform iOS, Windows dan juga PS4. Pada dasarnya, gim ini dapat dimainkan secara gratis.

Akan tetapi, kamu juga membeli starter pack Genshin Impact sekitar Rp. 150.000 bagi pengguna PS4. Berbagai item dan bonus akan didapatkan untuk menunjang permainan.

Kesimpulan

Dua Pengisi Suara versi EN yaitu Corina Boettger dan Brandon Winckler mengungkapkan bahwa mereka belum dibayar terkait pekerjaan mereka dalam mengisi suara karakter Genshin Impact. Imbas dari gaji yang tidak dibayar tersebut, Corina pun terpaksa berhutang untuk melanjutkan kehidupannya. 

Sementara pihak miHoYo menanggapi dari keluhan dua talent mereka. Pihak miHoYo mengungkapkan bahwa mereka telah membayarkan gaji kepada para talent tepat waktu dan mendesak kepada studio rekaman untuk menyalurkan gaji tersebut kepada para talent. pihak miHoYo pun saat ini tengah mencari solusi dan alternatif lain mengenai permasalahan ini.

Link:

Gaji Tidak Kunjung Dibayar, Pengisi Suara Genshin Impact Curhat di Medsos | ibuwarung (republika.co.id)

(Visited 66 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.