Pop CultureProfileVTuber Corner

Sekilas Cerita Tentang Motoaki ‘YAGOO’ Tanigo, CEO Cover Corp Hololive yang Terkenal Humble

Kontributor: Salsabila Astri
Penyunting :Kikitondo

Umumnya CEO memiliki image dingin dan selalu sibuk mengurus pekerjaan, namun tidak untuk Motoaki Tanigo, yang juga dikenal dengan nama lain YAGOO, CEO dari Cover Corp yang akrab dengan talenta-talenta di agensi Hololive

Dibalik sebuah perusahaan yang besar dan terus berkembang, tentu terdapat pemimpin dan tim yang giat bekerja dengan keras. Di kalangan para penggemar VTuber, mungkin beberapa sudah tidak asing dengan kehadiran para jajaran staff saat acara spesial ataupun siaran biasa di channel VTuber favoritnya, namun bagaimana dengan CEO dari perusahaan VTuber tersebut?

Memegang posisi dan jabatan yang tinggi bukan menjadi alasan seseorang untuk tidak memiliki sifat baik dan ramah. Dikenal rendah hati dan sering berbaur dengan para talentanya, seperti itulah CEO dari salah satu perusahaan agensi VTuber besar di Jepang Cover Corp yang menaungi Hololive, Motoaki Tanigo, atau yang lebih akrab dipanggil dengan Yagoo. Mengenal lebih dalam siapa itu Yagoo dan bagaimana kisahnya, simak lebih lanjut di bawah!

Lulusan Keio University yang Memiliki Pengalaman di Dunia Bisnis

Sekilas Cerita Tentang Motoaki ‘YAGOO’ Tanigo, CEO Cover Corp Hololive yang Terkenal <em>Humble</em> - Otaku Mobileague

Motoaki Tanigo atau Yagoo mengawali karirnya setelah lulus dari Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Keio yang bertempat di Tokyo, Jepang. Ia bekerja di perusahaan Sanrio dan memiliki tanggung jawab untuk membuat dan develop karakter game dari Sanrio. Setelah ia cukup mendapatkan pengalaman dari perusahaan besar tersebut, ia melanjutkan karirnya dengan mengambil tantangan baru dengan jabatan CEO dari perusahaan 30min inc dan akhirnya menjual perusahaan tersebut untuk memulai mengembangkan perusahaan baru dengan fokus pada teknologi AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality) di tahun 2016. 

Baca juga  Pengumuman Permintaan Maaf Disiarkan Secara Live oleh Houshou Marine dan Sakura Miko

YAGOO Melihat Potensi Dari Perkembangan VR dengan Bagaimana Bisnis Akan Beroperasi

Sekilas Cerita Tentang Motoaki ‘YAGOO’ Tanigo, CEO Cover Corp Hololive yang Terkenal <em>Humble</em> - Otaku Mobileague

Melanjuti karirnya dengan memulai perusahaan berfokus teknologi AR dan VR, Cover Corporation yang didirikan Motoaki Tanigo pada tahun 2016 lalu itu pada mulanya tidak berfokus pada Virtual YouTuber seperti sekarang, namun lebih pada mengembangkan konten yang memanfaatkan teknologi AR dan VR, sesuai dengan passion Yagoo terhadap dunia virtual reality. Bahkan pada tahun 2017, Cover Corp merilis game berbasis VR yang dapat diunduh di platform Steam.

Mengembangkan Bisnis Virtual Idol, Hingga Sekarang Berfokus Pada Virtual YouTuber

Sekilas Cerita Tentang Motoaki ‘YAGOO’ Tanigo, CEO Cover Corp Hololive yang Terkenal <em>Humble</em> - Otaku Mobileague

Dilansir dari wawancara Motoaki Tanigo dengan Animenetswork, Motoaki berpikir bahwa perkembangan teknologi AR dan VR dapat digunakan untuk mengembangkan karakter-karakter virtual seperti Hatsune Miku. Dari situlah, Cover Corp mulai menggunakan perangkat VR untuk membuat beragam konten di berbagai platform, dan salah satunya adalah kanal YouTube. Hingga sekarang pembuat konten tersebut akrab disebut sebagai VTuber atau Virtual YouTuber. Meskipun pada awalnya Motoaki Tanigo menginginkan konsep dari grup talenta virtual idolnya menjadi seperti idol grup populer AKB48, namun para masing-masing talenta, pribadi, hingga tingkah yang unik sehingga dapat dikatakan mimpi Yagoo terhadap virtual idol grup kurang terealisasikan. Tetapi, sebagaimana ia dikenal memiliki kepribadian yang ramah dan baik, ia mengatakan bahwa kebahagiaan para idol virtualnya sudah menjadi hal yang cukup bagi dirinya.

Asal Muasal Nama Panggilan “Yagoo”

Sekilas Cerita Tentang Motoaki ‘YAGOO’ Tanigo, CEO Cover Corp Hololive yang Terkenal <em>Humble</em> - Otaku Mobileague

Salah satu hal unik lainnya dari CEO satu ini adalah memiliki nama panggilan yang berasal dari “meme”. Pada siaran Robocco, salah satu VTuber Hololive, Oozaru Subaru secara tidak sengaja salah menyebutkan nama ‘Tanigo’ menjadi Yagoo, lucunya setelah siaran tersebut selesai, kedua talenta dan komunitas penggemar tetap memanggil Motoaki Tanigo dengan sebutan Yagoo, bahkan hingga saat ini!

Baca juga  Mengulas Serial Tokusatsu Jadul yang jadi Idola di tahun 90an (Bagian 1)

Sering Dijadikan Meme Oleh Para Penggemar Model Untuk Merchandise Talentnya

Sekilas Cerita Tentang Motoaki ‘YAGOO’ Tanigo, CEO Cover Corp Hololive yang Terkenal <em>Humble</em> - Otaku Mobileague

Tidak hanya nama panggilan yang memiliki unsur meme, banyak momen-momen Motoaki Tanigo yang kerap dijadikan bahan candaan dunia maya oleh komunitas. Setiap organisasi memiliki ‘wajah’ nya masing-masing, dan mungkin untuk komunitas penggemar Hololive, Yagoo adalah salah satunya. Seperti yang sudah diketahui, staff dan juga talenta dibalik VTuber dijaga kerahasiaan privasi dan identitasnya dengan ketat oleh perusahaan, sehingga tidak banyak ‘wajah’ asli yang bisa ditampilkan di perusahaan VTuber. Namun, dengan pribadinya yang easy-going, Yagoo kerap muncul di berbagai aktivitas bisnis maupun non-bisnis seperti siaran para talentanya dan berinteraksi dengan mereka. Dari situ juga lah, wajah Yagoo kerap dijadikan bahan candaan dan meme oleh para penggemar.

Selain itu, Sang CEO juga aktif berperan sebagai model untuk barang-barang Merchandise rilisan talentnya, baik berupa merchandise cangkir, baju bahkan bantal rilisan merchandise talent VTubernya, seperti yang terlihat pada cuplikan diatas dimana Talent Hololive EN, Hakoz Bael mempromosikan merchandise miliknya dengan sang CEO yang menjadi modelnya.

Motoaki Tanigo Dikenal Peduli Terhadap Para Talentanya

Sekilas Cerita Tentang Motoaki ‘YAGOO’ Tanigo, CEO Cover Corp Hololive yang Terkenal <em>Humble</em> - Otaku Mobileague

Jika mengulik dari persyaratan seseorang untuk mendaftar menjadi talenta VTuber di Hololive, Yagoo lebih menekankan pada seberapa besar tekad seseorang untuk menjadi VTuber, karena seperti yang kita ketahui, melakukan siaran setiap harinya juga bukanlah hal yang bisa dianggap mudah dan remeh. Yagoo percaya bahwa memiliki tujuan dan visi yang jelas adalah hal esensial untuk menjadi bagian dari Hololive, dan menginginkan individu yang memiliki niatan kuat dan selalu berusaha kuat untuk sukses dan mewujudkan impian mereka. Jika melihat dari poin yang ditekankan Motoaki Tanigo untuk memilih talenta, memang sudah terlihat bahwa beliau adalah tipe pemimpin yang visioner dan juga memiliki keinginan yang besar untuk sukses, dilihat dari riwayat pekerjaanya yang selalu menempati jabatan pemimpin di perusahaan-perusahaan sebelum Cover Corp. Sebagai  seorang pemimpin visioner, tekad dan kerja keras talenta mereka tidak hanya berkontribusi pada perusahaan, tapi juga berdampak positif pada individu talenta itu sendiri. Selain dari pola pikir dan juga pribadinya yang humble, Tanigo juga terkenal selalu suportif pada apa yang dilakukan oleh talenta-talentanya. Oleh karenanya, dapat dikatakan bahwa Motoaki Tanigo adalah salah satu faktor dari kesuksesan Hololive seperti sekarang ini.

Baca juga  7 Fakta Horikita Suzune, Si Pintar di Classroom of the Elite

Dengan pribadinya yang mudah untuk didekati dan suportif itulah, sosok Motoaki Tanigo atau yang biasa disebut Yagoo ini menjadi populer di komunitas penggemar Hololive, yang secara tidak langsung juga berkontribusi pada ekosistem komunitas untuk berinteraksi satu sama lain. Itulah tadi beberapa informasi mengenai Yagoo, CEO dari Cover Corp yang membawahi agensi VTuber Hololive! Ingin cari informasi lainnya seputar VTuber? Langsung aja cek laman ini!

(Visited 709 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.