Pop CultureVTuber Corner

Laporan Keuangan COVER Corp: Eksplorasi Strategi yang Sukses Dijalankan

Kontributor : Salsabila Astri
Penyunting : Kikitondo

“Berdasarkan transkrip laporan keuangan COVER Corp, tiga strategi yang tengah diterapkan COVER Corp terbilang sukses, dan menghasilkan kenaikan dalam pendapatan perusahaan”

Di pertengahan tahun kemarin tepatnya pada tanggal 12 Mei 2023, COVER Corporation, selaku perusahaan Jepang yang memiliki spesialisasi di manajemen talent virtual atau yang juga dikenal sebagai VTuber dari Hololive, merilis transkrip Financial Result Briefing yang mencakup tahun fiskal yang berakhir Maret lalu. Transkrip laporan tersebut membahas tentang informasi pertumbuhan revenue COVER Corp, serta rencana perusahaan kedepannya di tahun 2023 ini. Mari simak lebih lanjut mengenai laporan transkrip finansial COVER Corp secara lebih lanjut di bawah ini.

Peningkatan dari Pendapatan COVER Corp

COVER Corp

Secara garis besar, keuntungan penjualan bersih atau net sales COVER Corp bertambah sekitar 50% dibanding tahun sebelumnya. Pendapatan meningkat sebesar 49,7% (menjadi 20,451 juta yen dari tahun lalu), laba operasi meningkat 84,2% (menjadi 3,417 juta yen) dan laba bersih meningkat sebesar 101,6% (2,508 juta yen). 

Bertambahnya pendapatan ini diperkirakan karena perilaku konsumen yang berubah dalam mengonsumsi konten entertainment, dimana popularitas VTuber sekarang tidak hanya sekedar video live stream, tetapi juga lagu, dan video pendek yang beredar di media sosial.  Selain itu,  VTuber Hoshimachi Suisei dan Mori Calliope dari Hololive baru-baru ini telah memiliki kesepakatan dengan label rekaman besar, dan berpeluang untuk meningkatkan peluang dikenalnya VTuber ke ranah umum. Di samping itu, COVER Corp juga memperluas kesepakatan mengenai merchandising serta lisensi/kolaborasi yang berpengaruh pada peningkatan penghasilan dan pendapatan yang signifikan untuk setiap talenta VTuber di paruh kedua waktu ini.

Baca juga  Scam dan Tidak Kompeten, Studio James Cell Rugikan VTuber Bao, Saruei dan Banyak VTuber Lainnya

Growth Strategy yang Dibagi Menjadi Tiga Tahap

Adapun perkembangan pendapat perusahaan tidak mungkin berhasil tanpa adanya strategi yang direncanakan sebelumnya. Berdasarkan file transkrip yang dibagikan, COVER Corp menunjukan bahwa mereka memiliki strategi pertumbuhan atau growth strategy yang dibagi menjadi tiga fase yang berbeda.

Pada fase pertama, COVER Corp berfokus pada peningkatan pengaruh atau influence dari VTuber Hololive di bawah agensi mereka, dan juga mengembangkan komunitas penggemar yang solid. Hasil dari fase pertama ini dapat dikatakan sukses, melihat bagaimana kesuksesan para VTuber dapat dilihat secara mudah dengan kasat mata, dengan data per 31 Maret 2023, channel Hololive memiliki total 46,82 juta subscribers.

COVER Corp

Fase kedua, pihak COVER Corp ingin memperlebar bisnis ke ranah bisnis perdagangan, seperti merchandise dan juga license/tie-up deals. Selagi ranah bisnis tersebut dikembangkan, pihak perusahaan juga akan terus mengembangkan kemampuan perencanaannya. Hal ini dapat dilihat dengan aktifnya kolaborasi yang dilakukan VTuber Hololive di tahun 2023 ini seperti kolaborasi hololive EN dengan HOPE X BanG Dream! Girls Band Party, hololive Indonesia 3rd Anniversay Cafe, hololive 3rd Generation x ANIPLUS Collaboration Cafe, dan kolaborasi-kolaborasi lainnya.

Dalam jangka menengah, perusahaan COVER juga berencana untuk lebih memperluas aktivitas melalui layanan internal Metaverse, untuk menciptakan pengalaman unik dan menangkap pasar potensial yang lebih besar. Projek Metaverse Hololive “Holoearth” juga sudah terlihat aktif di awal tahun 2023 ini, dilihat dengan adanya konser Holoearth yang telah sukses digelar beberapa bulan lalu.

On-Going Project Hololive 2023

COVER Corp Hololive Meet

Adapun proyek-proyek Hololive yang berlangsung hingga akhir Juli 2023 antara lain seperti:

  • Kolaborasi Hololive Production dan Universal Music Group Japan dalam membuat joint music label bertajuk “holo-n”
  • Hakos Baelz dari Hololive EN merilis album EP pertamanya “Pandæmonium”
  • Mori Calliope dari Hololive EN berkolaborasi dengan anime One Piece, dimana Calliope akan membawakan lagu tema dari manga One Piece volume 106
  • Hololive Indonesia akan melaksanakan tur Asia pertamanya “Asian Tour: Viv:ID CRUISE” yang didukung VR Chat
  • AZKi dari Hololive JP mengumumkan single debut pertamanya dengan Victor Entertainment
  • Kolaborasi COVER dengan HYTE, meluncurkan edisi terbatas PC Case dan System bergambar Mori Calliope
  • Hololive EN 1st Concert- Connect The World- yang didukung oleh Bushiroad
Baca juga  Karena Peraturan Baru, Reddit Meme Review Ala Kiryu Coco Harus Ditunda

Dan berbagai proyek lainnya yang dapat dilihat di laman resmi Hololive berikut.

Perubahan Perilaku Konsumen Semenjak Pandemi COVID-19

COVER Corp Hololive Korone

Bertumbuhnya revenue dari COVER Corp juga tidak terlepas dari perubahan perilaku konsumen semenjak terjadinya pandemi COVID-19 beberapa tahun terakhir. Pandemi membuat masyarakat mau tidak mau harus melakukan karantina di rumah dan mengurangi bepergian ke luar, hal ini pun mengakibatkan orang-orang dari segala usia, termasuk anak muda, semakin sering menonton video pendek yang diunggah di platform media sosial seperti TikTok dan YouTube Shorts. COVER Corporation menyebutkan bahwa mereka percaya peningkatan produksi konten pendek efektif untuk menjangkau khalayak yang lebih luas, termasuk kaum muda. Hingga kini pun, banyak unggahan video pendek dari penggemar yang beredar luas di media sosial.

Kesimpulan

Laporan keuangan COVER Corporation menunjukkan adanya peningkatan pendapatan, laba operasional, dan laba bersih untuk tahun fiskal yang berakhir pada Maret 2023. Strategi pertumbuhan perusahaan terbagi menjadi tiga fase, dengan fokus pada ekspansi bisnis komersial, pengembangan layanan Metaverse yang unik, dan ekspansi secara global. Laporan ini membahas dampak pandemi COVID-19 terhadap perilaku konsumen dan pengaruhnya terhadap pendapatan perusahaan. Laporan tersebut juga menyajikan rincian sumber pendapatan perusahaan, yang mencakup penjualan merchandise dan lisensi/kolaborasi. Sesi tanya jawab dengan para eksekutif perusahaan membahas berbagai topik seperti strategi manajemen talenta perusahaan, rencana ekspansi global, dan pendekatan perusahaan terhadap pengelolaan risiko.

Sumber:

(Visited 127 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.