Agensi VTuber NIJISANJI Pecat Zaion LanZa (XSLOEIL) Karena Melanggar Kontrak serta Alasan Lainnya

Kontributor : Salsabila Astri
Penyunting : Kikitondo

“XSLOEIL Zaion LanZa dari NIJISANJI EN diberhentikan kontraknya, agensi berikan hingga 12 alasan yang tercantum terkait tindakannya”

Masih dalam nuansa awal tahun, namun berbagai jenis kabar sudah mewarnai dunia per-VTuber-an. Belum lama ini, salah satu anggota dari grup usungan VTuber NIJISANJI EN, XSLOEIL kehilangan satu anggotanya yang bernama Zaion LanZa. Kabar tersebut datang langsung dari akun Twitter resmi NIJISANJI @NIJISANJI_World dan cukup mengejutkan para penggemar. 

Zaion LanZa Diberhentikan Secara Mendadak

zaion lanza

Kabar berhentinya Zaion LanZa dari aktivitasnya sebagai VTuber dan anggota XSLOEIL terbilang mengejutkan, hal ini dikarenakan di hari pengumuman tersebut resmi dikeluarkan oleh NIJISANJI, per hari itu juga segala aktivitas Zaion diberhentikan. Adapun berbeda halnya dengan beberapa VTuber lain yang lulus ataupun diluluskan oleh pihak agensi, Zaion tidak ‘lulus’ sebagai VTuber melainkan ia diberhentikan kontraknya sebagai VTuber.

Alasan Diberhentikannya Zaion LanZa

zaion lanza

Melanjuti pemberitahuan yang disebarkan lewat akun Twitter NIJISANJI, terlampir juga sebuah gambar yang berisi detail mengenai pengumuman pengakhiran kontrak antara agensi dan Zaion LanZa. Bila pada umumnya agensi tidak terlalu sering menyebutkan alasan yang jelas dari berhentinya salah seorang talenta mereka, maka berbeda halnya dengan pengumuman yang diberikan mengenai Zaion ini. Tercantum hingga 12 alasan yang menjadi bahan pertimbangan NIJISANJI melanjutkan kontraknya dengan Zaion LanZa, adapun alasan-alasan tersebut adalah:

  • Menggunakan lagu ber-copyright pada siarannya tanpa izin sebelumnya
  • Mengungkap informasi internal yang berpotensi menimbulkan isu pada pihak stakeholder dalam siarannya
  • Membuat pernyataan yang dapat mengarah pada spekulasi atau mengungkap informasi internal melalui akun media sosial personalnya, selama masa penangguhannya
  • Memberikan komentar ofensif tentang diskriminasi dan penyerangan seksual
  • Beberapa pelanggaran terhadap peraturan yang berkaitan dengna penggunaan game yang ditentukan oleh ANYCOLOR Inc. (termasuk pelanggaran yang disengaja) dan pengulangan justifikasi palsu yang diberikan ke ANYCOLOR Inc. mengenai pelanggaran-pelanggaran tersebut
  • Mengekspresikan keinginannya untuk melakukan siaran dengan menggunakan game ilegal (yang juga bisa dibilang game bajakan)
  • Memberikan komentar yang dapat dianggap ofensif kepada pemegang hak game dalam siarannya
  • Memberikan informasi palsu kepada NIJISANJI EN Livers lainnya perihal komunikasinya dengan ANYCOLOR Inc.
  • Memberikan klaim palsu bahwa dirinya telah mendapat izin dari ANYCOLOR Inc. setelah seorang penonton berkomentar saat Zaion melakukan tindakan yang dilarang oleh peraturan
  • Memberikan klaim palsu bahwa ia disponsor oleh suatu brand dalam siarannya
  • Memberikan “likes” pada komentar yang bersifat pencemaran nama baik dari NIJISANJI Livers dan ANYCOLOR Inc, melalui akun sosial media personal yang ia gunakan.
  • Berbagai tindakan dan komentar lainnya yang melanggar kontrak dan peraturan
Baca juga  Perjalanan Festival Anime Termegah di Indonesia, AFAID. Kembali di tahun 2020

Baru Memulai Debutnya Beberapa Bulan Lalu

zaion lanza

Zaion LanZa memulai debutnya bersama grup VTuber XSOLEIL pada tanggal 10 Desember 2022 lalu, yang berarti baru sekitar 3 bulan ia beraktivitas sebagai seorang VTuber. Dalam beberapa bulan tersebut, ia telah berhasil mendapatkan 120 ribu subscriber di channel YouTubenya. Tak bisa dipungkiri bahwa grup gelombang ketujuh dari NIJISANJI EN ini memang memiliki tingkat popularitas yang tinggi, dengan setiap member yang kini juga memiliki ratusan ribu subscriber di setiap channel YouTube mereka. Sebelum kabar pemberhentiannya diumumkan, Zaion juga telah mendapat sanksi skors dan absen dari kegiatannya sebagai VTuber dalam waktu yang cukup lama.

Sudah Ada Fans yang Menduga

zaion lanza

Tidak hanya durasi skors Zaion yang cukup lama yaitu sejak bulan Februari 2023 lalu. Oleh karena itu, meskipun kabar berhentinya Zaion cukup mendadak, namun sudah banyak penggemar yang menduga bahwa VTuber satu ini akan diberhentikan aktivitasnya. Pemberlakuan sanksi skors pun tentu bukan karena hal yang sepele, penggemar sudah kerap kali melihat kelakuan Zaion yang dinilai kurang pantas pada siaran-siarannya. 

Sementara itu, beberapa penggemar juga beropini bahwa sebagai VTuber yang bekerja dan terikat kontrak oleh perusahaan, maka sudah menjadi kewajibannya untuk mematuhi peraturan yang ada di perusahaan tersebut. 

Sekilas Tentang XSOLEIL 

xsoleil

XSOLEIL merupakan grup gelombang ketujuh dari NIJISANJI EN, mulanya memiliki 6 anggota yaitu Doppio Dropscythe, Meloco Kyoran, Hex Haywire, Kotoka Torahime, Ver Vermillion, dan Zaion LanZa. Mereka melakukan debutnya pada bulan Desember 2022 lalu, sebagai counterpart dari grup NIJISANJI yang debut 5 bulan sebelumnya, ILUNA. Grup ini debut beberapa hari setelah pengumuman kelulusan Yugo Asuma dari Noctyx dan NIJISANJI EN.

Baca juga  Penerbit m&c Akan Rilis Fanbook Official Hololive ID

Itulah tadi berita mengenai pemberhentian Zaion LanZa dari XSLOEIL dan NIJISANJI EN. Jika kamu ingin mengetahui kabar terbaru seputar pop-culture Jepang, langsung aja cek di sini!

(Visited 37 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.