ReviewAnime

Review Shinobi no Ittoki Eps 12 (Terakhir)

Kontributor: Ronin95
Penyunting: Kikitondo

Episode Terakhir Shinobi no Ittoki, Perjalanan bagaimana Ittoki yang kurang pergaulan dan diremehkan, kini menjadi seorang penerus tekad klan Iga juga warisan sang ibu tercinta.

Ittoki mulai lancarkan serangan balasan kepada klan Koga. Apakah wibawa Ittoki mampu diselamatkan kali ini? Daripada penasaran, mari kita simak review kali ini.

Cerita Shinobi no Ittoki sebelumnya

Ittoki bersama rekan yang setia jadi pengikutnya kali ini harus hadapi kenyataan pahit. Warga disekitar klan Iga harus diungsikan demi hindari pertumpahan darah orang tak bersalah dalam serangan balasan klan Iga atas invasi menggila dari klan Koga yang lalu.

Apalagi, Ittoki tegas menolak kata damai saat situasi panik dalam internal klan Iga makin memuncak ditambah kepercayaan warga atas kepemimpinan Ittoki diragukan. Kali ini Ittoki mulai membuktikan bahwa dia pantas dan layak gantikan peran sang ibu tercinta demi menjaga marwah klan Iga hingga titik darah penghabisan.

Siasat awal

Para rekan Ittoki menuju ke markas kepala suku Koga bersama dengan Kousetsu dan Tokisada. Ketika mereka akhirnya melawan para Asura, justru Kirei dan Ryouko bergabung dengan ketiganya. Ittoki akhirnya berhadapan dengan Kidou Minobe dengan harapan dapat menemukan sedikit rasa kemanusiaan dalam dirinya sehingga dia dapat memaafkannya atas pembunuhan ibunya. 

Setelah penduduk desa Iga mendapat informasi tentang rencananya, Ittoki berangkat untuk berbicara dengan kepala desa Koga. Sementara dia ingin pergi sendiri, Kousetsu dan Tokisada bergabung dengannya meskipun dia memprotesnya. Uniknya, Kirei dan Ryouku bergabung dengan mereka sehingga dapat mencapai tujuan mereka. 

Baca juga  Penuh Tawa dan Petualangan: Dinamika Kisah Persahabatan yang Unik Dalam Anime Sasaki and Peeps
Shinobi no Ittoki

Sayangnya, Minobe sangat kaku dan kejam terlepas dari semua usahanya, dan ketika Ittoki mencoba untuk pergi dengan Kousetsu, dia mengambil senjatanya lagi dalam upaya terakhir untuk membunuh kepala suku Iga. Sementara keduanya memutuskan untuk menangani hal-hal di lantai dasar, ketiganya bergerak di atas.

Tokisada pun akhirnya mengatasi serangan di lantai lain saat Kousetsu dan Ittoki berusaha mencapai Kidou secepat mungkin. Tepat sebelum mereka sampai ke kepala suku Koga, mereka menghadapi beberapa anggota senior dari rezim saat ini. Tanpa diduga, kehadiran Suzaku di tempat kejadian dan menyerang anggota klannya sendiri sehingga Ittoki dan Kousetsu dapat bergerak maju. Setelah mengetahui seberapa hormat mereka menganggap Kidou namun tidak menghormati ayahnya, Suzaku bertindak cepat sebelum menghabisi mereka.

Shinobi no Ittoki

Setelah Ittoki dan Kousetsu berhasil memasuki kantor Kidou Minobe, mereka mendapati Kidou Minobe sedang duduk di mejanya tanpa berniat untuk melarikan diri. Tanpa ragu-ragu, Ittoki menawarkan untuk memberikan inti ninja rahasia Iga dengan syarat semua Asura akan dihancurkan.

Kidou, seseorang yang begitu kompleks

Lantas Ittoki mulai ajukan syarat lain kepada Kidou, yaitu Koga akan berdamai dengan seluruh dunia ninja, dan penjabat kepala desa akan secara terbuka mengakui semua kejahatan yang telah dilakukannya. Kidou bahkan masih angkuh pendiriannya untuk menolak kesepakatan Ittoki tersebut.

Dalam menghadapi ketidakpastian, Kidou tampak sangat percaya diri. Ittoki mencoba berempati kepada kepala suku Koga dengan menyatakan bahwa kehidupan ninja tidak diragukan lagi sangat sulit dan semua pertumpahan darah yang terjadi meninggalkan trauma seumur hidup. Dia mencoba untuk memberikan alasan atas tindakan Kidou dari sudut pandang moralnya, namun ternyata dia benar-benar salah. Kidou secara terbuka mengakui membunuh orang seperti lalat demi tujuannya sendiri. Dia bersikap keras kepala dan tampaknya tidak bisa menerima pandangan dunia yang bertentangan dengan apa yang dia bayangkan.

Baca juga  Review Anime Chainsaw Man Episode 11: Misi Dimulai
Shinobi no Ittoki

Namun ketika Ittoki mencoba untuk pergi dengan Kousetsu, Kidou mencoba menyerang lagi hanya untuk dihentikan dan kemudian segera dibunuh oleh Tokisada. Ternyata Ittoki telah mengunjungi markas kepala suku Koga yang dilengkapi dengan kamera dan mikrofon. Namun, setelah ia meninggal, setidaknya bukti-bukti tersebut masih dapat digunakan untuk meyakinkan dunia ninja tentang betapa korupnya mantan pemimpin Koga tersebut dan rencana-rencana busuknya yang berbahaya bagi semua orang.

Pasca tewasnya Kidou

Setelah membunuh Kidou Minobe, Tokisada dengan berani bertanggung jawab dan mengatakan kepada Ittoki bahwa dia tidak mungkin membiarkannya memikul beban seberat itu. Shione bersama dengan anggota NSC lainnya tiba di lokasi pembunuhan segera setelah itu dan dia menyatakan Tokisada sebagai buronan setelah dia melarikan diri. 

Beberapa tahun berikutnya, NSC terus mencarinya tetapi tidak berhasil. Beberapa tahun setelah kematian Kidou, Shione bertemu dengan Kozo dan bertanya mengenai Tokisada.

Shinobi no Ittoki

Setelah kabar Tokisada sebagai buronan NSC, klan Iga mempertahankan hubungan fungsional dengan Koga dan untuk Tokisada, tidak ada kabar darinya sejak saat itu. Kozo percaya bahwa dia tidak melarikan diri, melainkan melindungi mereka dari bayang-bayang. Ryoko telah bekerja di bengkel ayahnya dan Kirei telah menjadi seorang aktris. Suzaku tampaknya telah diangkat menjadi pemimpin klan Koga yang baru, Kousetsu kita memiliki tampilan baru dan terlihat lebih bahagia, dan Ittoki kita memiliki pekerjaan umum, meninggalkan kehidupan nya sebagai ninja.

Shinobi no Ittoki

Bagi saya episode terakhir Shinobi no Ittoki ini…

Mohon maaf atas keterlambatan review ini karena kesibukan saya mengajar makin padat. Betapa janggalnya keberadaan Tokisada di akhir cerita ini bikin menyisakan tanda tanya motif sesungguhnya, namun terlepas dari hal itu justru ini merupakan episode terakhir yang cukup sempurna. 

Baca juga  Menyelami Sains, Persahabatan, dan Konspirasi dalam Anime Steins;Gate Menyelami Sains, Persahabatan, dan Konspirasi dalam Anime Steins;Gate

Para ninja dari dua klan berseteru mulai damai hingga menjadi kehidupan normal lagi tanpa sebagai ninja lagi termasuk Ittoki. Cukup dengan skor 8.8/10 ini adalah akhir cerita Ittoki yang cukup berkesan. Simak Shinobi no Ittoki hanya di Bstation ya!
Baca juga review Shinobi no Ittoki sebelumnya

(Visited 104 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.