Pop CultureTrivia Anime

(Spoiler Alert) Penasaran Dengan Sosok Monarchs? Inilah Mereka Antagonis Di Solo Leveling

Solo Leveling tidak hanya membahas tentang peran sentral dari Shun Mizushino atau dikenal dengan Sung Jinwoo, tetapi juga ada peran antagonis yang tidak kalah penting dalam membangun cerita di Solo Leveling ini yaitu Monarchs. Penasaran peran Monarchs seperti apa? Mari kita langsung bahas disini.

Kalian tidak salah, bahwa ada peran antagonis yang begitu terkenal di Solo Leveling ini. Tidak lain adalah Monarchs. Monarchs merupakan salah satu ras kuno yang bertujuan untuk lenyapkan umat manusia. Tidak terkecuali Ashborn, mereka inilah yang menjadi antagonis utama dalam cerita Solo Leveling. Hari ini kita akan bahas seberapa penting peran mereka ditambah kemampuan masing-masing Monarch dalam Solo Leveling.

Asal Muasal Monarch

(Spoiler Alert) Penasaran Dengan Sosok Monarchs? Inilah Mereka Antagonis Di Solo Leveling - Otaku Mobileague
Shun Mizushino dengan kekuatan kegelapan

Pada zaman dahulu kala, ketika cahaya dan kegelapan hanya ada dalam dunia ini, Sang Maha Kuasa membelah cahaya untuk menciptakan para Penguasa atau Rulers dan membelah kegelapan untuk menciptakan para Raja atau dikenal dengan Monarchs. Karena para Monarchs lahir untuk menghancurkan dunia dan para Rulers lahir untuk melindunginya, tidak lama kemudian mereka terlibat dalam perang yang menghancurkan satu sama lain.

Namun apa yang terjadi setelah itu? Beribu-ribu tahun kemudian, ketika Sang Maha Kuasa digulingkan dan dibunuh, para Rulers menggunakan alat yang berisi pecahan-pecahan kekuatannya untuk memburu para Monarch dan berhasil menangkap Raja Legia hidup-hidup, membalikkan keadaan menjadi menguntungkan mereka dan memberikan mereka kesempatan besar menuju kemenangan. Menyadari hal ini, Raja Bayangan Ashborn atau Shadow Monarch Ashborn mengulurkan tangan kepada para Monarch dan menawarkan bantuannya. Karena mereka tidak memiliki pilihan lain yang layak, para Monarch pun dengan segan menerimanya sebagai sekutu baru mereka.

Sayangnya bagi Ashborn, meskipun dia berhasil menyeimbangkan kekuatan dan menjaga agar perang tetap berlangsung, kekuatannya yang luar biasa membuatnya ditakuti oleh kedua belah pihak dan akhirnya membuat dua Monarch, Rakan dan Baran, mengkhianatinya dan menyergapnya dengan pasukan mereka. Meskipun Ashborn dengan mudah mengalahkan kedua Raja dan membunuh Baran sebagai pembalasan atas pengkhianatannya, pasukan bayangannya hampir dimusnahkan.

Ashborn Yang Semakin Gila Terhadap Monarch

Sosok Monarchs
Sosok Rakan

Memutuskan untuk membalas dendam terhadap Rakan, Ashborn bersembunyi untuk menghidupkan kembali pasukannya, sehingga para Rulers akhirnya memenangkan perang dan memaksa para Monarch melarikan diri ke celah di antara dunia. Namun, pada suatu saat setelah itu, Ashborn kembali dan Antares, Monarch terkuat, dengan senang hati mengizinkannya untuk bergabung kembali dengan barisan mereka, karena Monarch lainnya masih lemah akibat kekalahan mereka dari para Rulers dan membutuhkan waktu untuk memulihkan kekuatan mereka.

Baca juga  Episode 6 Oshi no Ko: Dampak dari Cyberbullying Dari Para Anonim di Internet

Berabad-abad kemudian, para Monarchs mencoba menaklukkan dunia manusia untuk membangun kembali pasukan mereka dan para Rulers berusaha menghentikan mereka untuk menyelamatkan umat manusia dari kepunahan. Ketika upaya mereka gagal, para Rulers menggunakan alat yang diciptakan oleh Sang Maha Kuasa yang disebut Cawan Reinkarnasi, yang memiliki kekuatan untuk mengembalikan waktu 10 tahun setiap kali mereka menggunakannya, untuk memberi mereka kesempatan kedua. Sayangnya, hal ini hanya memperpanjang apa yang tampaknya mustahil terjadi, karena dunia manusia akan selalu dihancurkan terlepas dari pihak mana yang memenangkan perang dan terlepas dari berapa kali pun para Rulers memutar waktu.

Kekuatan dan Kelemahan Monarch

Sosok Monarchs
Sergapan para Monarch

Sebagai salah satu dari dua ras yang diciptakan oleh Sang Maha Kuasa, para Monarch adalah makhluk terkuat yang pernah ada. Kekuatan mereka yang luar biasa besar, bersama dengan pengalaman bertarung selama ribuan tahun yang mereka miliki, membuat mereka hampir tak tertandingi dalam pertempuran, dengan hanya para Rulers yang mampu menandingi mereka. Mereka juga jauh lebih kuat daripada pemburu Peringkat S pada umumnya, bahkan Pemburu Tingkat Nasional pun tidak memiliki peluang untuk melawan mereka dalam pertempuran, dan mereka masing-masing memiliki jutaan tentara di bawah kendali mereka.

Karena mereka adalah makhluk spiritual serta tidak memiliki bentuk asli, para Monarch tidak dapat turun ke dunia manusia tanpa menggunakan pembuluh darah manusia yang sesuai, sebuah benda yang mereka miliki bersama dengan para Rulers. Tidak seperti para Rulers, para Monarch sepenuhnya memiliki wadah mereka dan pada dasarnya mencuri tubuh mereka untuk diri mereka sendiri. Satu-satunya pengecualian untuk ini adalah Ashborn, yang memberikan semua kekuatannya kepada wadahnya (Shun Mizushino) dan memungkinkannya untuk mempertahankan kontrol penuh alih-alih mengambil kendali tubuh wadahnya untuk dirinya sendiri. Meskipun teknik ini memungkinkan mereka untuk mengerahkan kekuatan penuh mereka di dunia manusia, namun hal ini harus dibayar dengan membuat mereka benar-benar fana, yang berarti mereka akan mati jika kapal manusia mereka terbunuh dalam pertempuran.

Mari Kenalan Dengan Para Monarch

Sosok Monarchs
Tampilan para Monarch yang begitu gelap dan kuat

Saatnya kita kenalkan para Monarch secara singkat sesuai peran dan kekuatan masing-masing. Mereka jelas terlihat kuat juga aura kegelapannya begitu menakutkan bagi lawan khususnya para pemburu. Tapi kali ini kita perkenalkan beberapa Monarch saja.

Baca juga  The VTuber Awards 2023, Penghargaan VTuber Pertama Akan Digelar Desember Nanti

1. Antares

Sosok Monarchs
Antares

Antares merupakan salah satu Monarch dengan julukan Raja Naga dan Penghancur (King of Dragons and the Monarch of Destruction). Dia juga merupakan Monarch terkuat dan tertua, serta tokoh antagonis terakhir di Solo Leveling.

Karena telah diciptakan untuk menghancurkan semua yang ada, Antares menikmati kehancuran yang dia sebabkan dengan kekuatannya. Dia juga memiliki sikap yang sangat meremehkan manusia dan tidak ragu-ragu untuk membantai mereka dalam jumlah yang banyak untuk memancing Shadow Monarch untuk menghadapinya dalam pertempuran.

Tetapi, Antares memiliki sifat berlawanan terlepas dari kegemarannya akan kehancuran dan kematian. Saat Antares memiliki rasa kehormatan dan bersedia bernegosiasi dengan mereka yang cukup kuat untuk membuatnya terkesan dalam pertempuran, seperti yang ditunjukkan saat dia menawarkan untuk menarik pasukannya dan mengampuni umat manusia selama Shun berjanji untuk bertempur bersamanya melawan Rulers.

Antares mampu melepaskan teriakan yang mengandung mana dari jiwanya yang akan membuat mereka yang lebih lemah darinya menjadi putus asa dan panik dengan kekuatan Dragon’s Fear.

2. Ashborn

Sosok Monarchs
Ashborn

Seperti yang kita bahas sebelumnya, bahwa Ashborn merupakan salah satu Monarch yang cukup kuat seperti Antares melalui kekuatan bayangan dan kegelapan. Maka itulah dia dijuluki sebagai Raja Kematian dan Raja Bayangan (King of the Dead and the Monarch of Shadows).

Ashborn sangat peduli dengan kehidupan dan memiliki sikap yang baik hati terhadap kemanusiaan. Dia juga memiliki keinginan yang mendalam untuk perdamaian dan lelah dengan perang tanpa akhir antara Raja dan Penguasa, yang membuatnya akhirnya mempercayakan ambisi dan kekuatannya kepada seorang manusia dengan harapan dapat mengakhiri pertumpahan darah untuk selamanya. Namun, pada saat yang sama, dia sangat setia kepada Sang Maha Kuasa dan terus bertarung atas nama Sang Maha Kuasa bahkan setelah mengetahui kebenaran di balik keberadaannya.

Salah satu kekuatan Ashborn sebagai Monarch yang begitu mengerikan adalah Shadow Extraction dimana Ashborn mampu mengambil bayangan dari mayat musuh-musuhnya dan menambahkannya ke dalam pasukannya.

3. Baran

Sosok Monarchs
Baran

Baran adalah Monarch berikutnya yang kita bahas. Baran memiliki julukan Raja Api Putih dan Raja Iblis (Monarch of White Flames and the King of Demons). Dia adalah karakter yang sangat licik dan mengintimidasi yang dikenal karena sikapnya yang kejam.

Baca juga  Maha5, Agensi VTuber dari Indonesia Mengadakan Audisi VTuber untuk Maha5 JP

Salah satu kekuatannya adalah mengirim bala bantuan dari neraka yaitu Hell’s Army, pada saat Baran mampu memanggil pasukan iblisnya melalui portal.

4. Tarnak

Sosok Monarchs
Tarnak

Tarnak dikenal sebagai Raja Humanoid Mengerikan dan Raja Tubuh Besi (King of Monstrous Humanoids and the Monarch of the Iron Body). Tarnak adalah individu yang egois dan terlalu percaya diri yang sangat meremehkan umat manusia, seperti yang ditunjukkan oleh bagaimana dia benar-benar percaya bahwa Shun tidak pantas menjadi Raja Bayangan kedua hanya karena dia manusia. Namun, terlepas dari kesombongannya, dia masih cukup rasional untuk menyadari bahwa dia tidak memiliki peluang melawan Shun tanpa dukungan dari Antares, Monarch terkuat.

Kekuatan andalannya adalah Spiritual Body Manifestation yaitu Tarnak mampu berubah menjadi golem mengerikan dengan rambut hijau muda menyala dan baju besi abu-abu gelap.

5. Hochwan

Sosok Monarchs
Hochwan

Hochwan memiliki kekuatan salju dan tidak dipungkiri julukannya adalah Raja Salju (King of Snow Folk). Dia merupakan Monarch yang kuat, juga adalah individu yang sombong dan merendahkan diri yang tidak suka bermain-main atau mendahului rencananya sendiri. Dia juga secara tersirat tidak menyukai konflik yang tidak perlu, seperti yang ditunjukkan ketika dia langsung melumpuhkan manusia yang dia temui di Pulau Jeju dengan kekuatannya alih-alih meluangkan waktu untuk membantai mereka.

Anehnya, ketika dia menghadapi musuh yang lebih kuat darinya, dia cenderung bertindak panik dan bahkan nekat, seperti yang ditunjukkan oleh bagaimana Hochwan dengan tidak sabar mendesak para Monarch lain untuk membantunya membunuh wadah Ashborn tanpa menyadari betapa berisikonya hal itu.

Kekuatan utamanya adalah dapat dengan mudah menciptakan gelombang es yang luar biasa, membentuk es menjadi senjata, menciptakan monster dari es, dan bahkan memanggil badai es yang sangat besar melalui Ice Magic.

Kesimpulan

Itulah mengenai Monarch secara singkat baik peran maupun segi kekuatannya yang bisa dibilang cukup beragam. Tetapi tidak semua Monarch kita bahas disini dan hanya beberapa Monarch saja yang dapat dibahas. Mengingat peran mereka banyak dan juga penting untuk membangun cerita Solo Leveling yang begitu kompleks ini.

Buat yang penasaran akan sosok Monarch bisa kalian baca melalui situs webtoon berikut:

Yang mau ikuti animenya bisa tonton secara legal disini:

Sub English

Sumber:

(Visited 47 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.