Tomori Kusunoki “Dubber Makima” Hengkang dari Proyek Love Live!

Tomori Kusunoki mengundurkan diri dari proyek Love Live! karena alasan kesehatan.

Tomoriru atau yang memiliki nama lengkap Tomori Kusunoki ini merupakan seorang seiyuu atau pengisi suara dan penyanyi asal Jepang yang tengah naik daun karena memerankan Makima dalam anime Chainsaw Man. ia sendiri tergabung dalam agensi Sony Music Artist di bawah label Sacra Music bersama beberapa penyanyi terkenal seperti Aimer, LiSA, dan ReoNa.

Selain itu, Tomoriru juga pernah meraih penghargaan sebagai Best Rookie Actress dalam pagelaran 13th Seiyuu Award karena perannya sebagai LLEN dalam anime Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online pada tahun 2019 lalu.

 Selain SAO, ada juga karakter anime lainnya yang diperankan Tomoriru, seperti Mischa Necron dari The Misfit of Demon King Academy dan Igarashi Futaba dalam My Senpai is Annoying.

Lalu, dalam proyek Love Live! Nijigasaki High School Idol Club, Tomoriru memerankan Yuki Setsuna dan Nakagawa Nana yang membesarkan namanya dalam dunia tarik suara.

Namun, setelah bekerja selama 5 tahun ini, Tomoriru mengumumkan dirinya berhenti memerankan Yuki Setsuna dan Nakagawa dalam proyek Love Love! Nijigasaki High School Idol Club tersebut karena masalah kesehatan. Kabar ini sendiri disampaikan langsung melalui Twitter official Tomori Kusunoki dan Love Live serta melalui website official mereka pada tanggal 1 November lalu.

Tomori Kusunoki Menderita Penyakit Ehlers-Danlos Syndrome

Tomori Kusunoki

Kondisi Tomoriru sendiri diumumkan oleh Agensi Sony Music pada laman web resmi Kusunokitomori.com pada tanggal 1 November 2022 lalu. Gadis kelahiran 1999 tersebut didiagnosis menderita penyakit genetik langka bernama Ehlers-Danlos Syndrome tipe artikular. Sehingga kondisi tersebut menyebabkan Tomoriru mengalami rasa sakit dan mati rasa pada tubuhnya.

Baca juga  Belajar Pembuatan Ghost in The Shell SAC_2045

Menurut dokter yang menangani Tomoriru, penyakit yang diderita gadis tersebut memiliki tingkat kesembuhan yang tergolong rendah dan sangat bergantung pada beban fisik yang dialami oleh penderitanya. Sehingga mau tidak mau Tomoriru harus mengurangi aktivitas fisik yang berat, seperti menari.

Pihak Sony Music Artist sendiri juga sedang mengambil tindakan berdasarkan kondisi tersebut dan berupaya mengelola kesehatan Tomoriru.

Kesehatan Tomoriru yang Menurun Sejak Tahun 2021

Tomori Kusunoki "Dubber Makima" Hengkang dari Proyek Love Live! - Otaku Mobileague

Dalam pengumuman resmi di laman Kusunokitomori.com sendiri juga dijelaskan, bahwa Tomori mulai mengalami gejala penyakit dan mati rasa pada otot di sekitar persendian sejak musim semi pada tahun 2021. Namun, diagnosis yang didapatkan sebelumnya hanya kecenderungan rasa sakit dan mati rasa pada otot di sekitar persendian akibat aktivitas fisik berlebihan karena bawaan genetik.

Namun, setelah mengurangi berbagai aktivitas fisik yang melibatkan gerakan tubuh dan menjalani pemeriksaan secara menyeluruh, kondisinya tidak kunjung membaik. Bahkan, dirinya juga mendapatkan koreografi dan gerakan baru untuk menyesuaikan kondisi kesehatannya dalam acara “Unit Live & Fan Meeting vol.3 A・ZU・NA ~The Night Before~” pada tanggal 23-24 Oktober 2021 sebagai Yuki Setsuna.

Aktivitas Sebagai Yuki Setsuna dan Nakagawa Nana akan Berhenti Total Pada 31 Maret 2023

Tomori Kusunoki "Dubber Makima" Hengkang dari Proyek Love Live! - Otaku Mobileague

Melalui akun resmi Love Love!, kegiatan Tomori Kusunoki sebagai Yuki Setsuna dan Nakagawa Nana akan benar–benar berakhir pada tanggal 31 Maret 2023 berdasarkan kondisi kesehatan Tomoriru yang tidak bisa melanjutkan aktivitasnya pada proyek Nijigasaki High School Idol Club.

Kini, Love Live! sedang menyeleksi kembali kandidat untuk menggantikan Tomori Kusunoki. Lalu, untuk gim Love Live! School Idol Festival ALL STARS, suara Tomroi yang mengisi Yuki Setsuna dan Nakagawa Nana tetap akan digunakan.

Baca juga  Jago Gambar? Ikutan Kontes Overwatch Map Design berhadiah Nintendo Switch

Banyak yang Memberikan Respon Sedih atas Hengkangnya Tomoriru

Retweet dari Tomoriru

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kabar ini juga disampaikan melalui akun twitter official Tomoriru mengenai pengunduran dirinya sebagai Yuki Setsuna. Ia meminta maaf karena pengumuman tersebut terasa mendadak dan mengucapkan terima kasih atas segala dukungan yang sudah didapat sebelumnya.

Dengan ucapan yang Tomori sampaikan, banyak penggemar yang merasa sedih atas berhentinya Tomoriru. Banyak juga yang memberikan dukungan dengan memberikan ucapan semangat dan doa untuk kesuksesan karirnya di masa depan kelak.

Bahkan, teman-teman satu unit Tomoriru sendiri juga memberikan respon yang terkejut dan sedih. Namun, mereka tetap berusaha mendukung dan mendoakan kesehatan Tomori agar segera pulih dan bisa kembali bersama mereka.

Semoga Tomori bisa kembali dengan kondisi yang lebih baik lagi ya di masa depan. Oh iya, buat kalian yang ingin tahu fakta karakter Makima yang diperankan Tomori, bisa baca di sini ya.

Sumber::
ANN
IDN Times
Kusunokitomori
Twitter Tomori

(Visited 68 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.