AKASAKA AKA, BARU SAJA MENAPAK KE JENJANG POPULARITAS KOK PENSIUN DINI?

Amat disayangkan, setelah menamatkan serialisasi Manga Kaguya-sama Love is War. Akasaka Aka mengumumkan pensiun dini

Ini yang menjadi sebuah perdebatan sejak awal November tadi. Apa alasan mangaka ini memutuskan untuk pensiun dini ditengah karya nya yang amat populer berjudul Kaguya-sama Love is War? Saya akan mencoba bahas ini secara ringkas.

Siapa Akasaka Aka?

Akasaka Aka lahir di Sado, Prefektur Niigata, Jepang pada 29 Agustus 1988. Beliau adalah seorang mangaka yang mulai berkarir dalam dunia manga sejak menggarap Sayonara Piano Sonata pada 2011 dan Instant Bullet tahun 2013-2015 terbit di majalah Dengeki Maoh (milik Kadokawa).

Nama beliau pun makin dikenal ketika merilis karya berjudul “Kaguya-sama: Love is War” yang mana manga ini rilis pada 2015 lalu menjadi manga genre Romansa Komedi terbaik. Awalnya, Kaguya-sama Love is War dirilis lewat majalah Miracle Jump Shueisha mulai Mei 2015 hingga Januari 2016. Setelah itu, pindah rilis ke majalah Weekly Young Jump mulai Maret 2016 hingga November 2022.

Manga Kaguya-sama Love is War juga mendapatkan peringkat ke-9 sebagai manga best selling dengan 4 juta kopi hingga 2020 penghargaan dari Shogakukan Manga Award ke-65 dalam kategori manga umum. 

Manga Kaguya-sama Love is War tamat pada 2 November 2022 pada chapter ke 281. Setelah ini, Akasaka menggarap manga berjudul Oshi no Ko namun untuk ilustrator ditunjuklah Yokoyari Mengo membantu garap manga ini.

Apa Alasan Yang Membuat Akasaka Pensiun Dini?

Ada penggalan wawancara pada 2020 terkait awal mula dia meniti karir sebagai mangaka. Akasaka menyebut bahwa ketika manga Instant Bullet sudah tamat, dia berpikir akan menganggur ketika saatnya tiba. Beliau pun menambahi “Jadi saya pikir saya harus melakukan sesuatu, dan itulah mengapa saya berusaha sangat keras untuk menjual diri saya sendiri.”

Baca juga  Dapatkan Hashimoto Kanna Phonecard Limited Edition!

Saat bersamaan, Akasaka pernah mengatakan jika dia ingin membuat anime tema fantasi seperti Instant Bullet. Namun ternyata pihak editor Young Jump menginginkan sebuah alur cerita manga yang mainstream juga kasual. Dari situlah Akasaka mencetuskan sebuah karya manga Kaguya-sama Love is War, padahal aslinya beliau tidak pernah membuat karya tema romansa komedi namun berusaha mencoba gali cerita tersebut.

Akasaka Aka
Akasaka Aka, dengan pemeran utama wanita manga Instan Bullet, dan Kaguya Love is war

Dari karya inilah nama beliau makin dikenal. Manga ini sukses merubah hidup beliau dalam berkarya hingga manga ini mendapatkan adaptasi anime hingga live action nya. Akan tetapi, hal ini justru membuat Akasaka ingin pensiun dini sebagai mangaka. Pada Kamis tanggal 3 November lalu, beliau resmi pensiun sebagai mangaka setelah manga Kaguya-sama Love is War tamat pada 2 November 2022. Mengapa ini jadi keputusan beliau paling mengejutkan? 

AKASAKA AKA
Akasaka sedang menonton anime Kaguya-sama Love is War di kediamannya

Akasaka berpesan tentang pensiun dini nya:

“Terimakasih atas dukungan kalian selama ini kepada Kaguya-sama selama lebih dari 7 tahun. Namun saya menyadari suatu hal, serialisasi mingguan nya tidak berjalan lancar sesuai rencana sebab banyak hal yang membuat saya menyadari betapa lemahnya saya sebagai seniman manga.  

Tetapi, karena itu, saya memiliki banyak kenangan indah dan saya dapat melihat ke belakang sekarang dan bertanya-tanya apakah saya membuat orang-orang di sekitar saya sedikit lebih bahagia. Terima kasih banyak untuk 7 tahun nya.”

Rencana Kedepan Akasaka

Akasaka juga menambahkan pernyataan bahwa dia tetap berkarya dengan ide dan merangkai jalan cerita nya sendiri. Berikut pesan dari beliau:

“Akasaka sebagai seniman manga berpikir untuk pensiun setelah pekerjaan ini. Meski sudah pensiun, saya ingin mengakhiri aktivitas saya sebagai “seniman manga yang menggambar” dan mulai sekarang fokus membuat cerita, jadi saya ingin terus bekerja sebagai penulis saja. Sedangkan untuk melukis, saya hanya berniat untuk melanjutkannya secara leluasa sebagai hobi saja. 

Pada akhirnya, Meskipun sudah berakhir, ada bayangan besar yang tersisa untuk Kaguya-sama. Kami bekerja keras untuk memberikan ini kepada Anda dengan cara terbaik. Saya akan mencoba untuk tidak membuatnya menjadi cerita yang rumit atau berliku-liku. Jadi, saya akan senang jika Anda dapat meluangkan waktu dan menantikannya. Dan G3 Ida-sensei.

Terima kasih telah jalani ini bersamaku selama empat tahun yang cukup panjang. Dia telah meyakinkan dan memberi semangat. Saya harap Anda akan mendukungnya di masa depan, karena dia adalah orang yang sangat berbakat. Jadi, itulah akhir yang lengkap dari manga Kaguya-sama. Saya benar-benar berterima kasih kepada semua orang. “

Nama G3 Ida sensei adalah orang yang berperan penting dalam menggambar karakter manga Kaguya-sama ini. Dibalik pesan panjang dari Akasaka tadi, rupanya Akasaka punya alasan lain terkait susah menghadapi jadwal harian yang terburu-buru dari seorang seniman manga yang karyanya diserialkan dari minggu ke minggu. Hingga momen dimana memenuhi batasan waktu dan semua tekanan itu sangat berat baginya, dengan cara ini, ia kini telah memilih untuk menjadi penulis cerita manga saja.

Baca juga  Partner Daisuke Kanbe Merayakan Birthday

Apakah Akasaka memberi sebuah petunjuk akan karya barunya nanti? Ternyata, dia telah meninggalkan sesuatu di Kaguya-sama yang saat ini dia selesaikan. Mesti kita tahu, bahwa ini bisa berarti epilog dari novel ringan. Dia juga menjelaskan bahwa dia lebih fokus menulis cerita sekarang dan tidak akan membuat ilustrasi resmi untuk manga apa pun. Suka duka kerja kerasnya Akasaka akan selalu diingat oleh pecinta karya nya meskipun beliau pensiun diri sebagai mangaka.

Baca artikel kami tentang berhentinya Tomonoriru dari Love Live

Sumber

Guya. Cubari. Moe
ANN
Crunchyroll
Spieltimes

(Visited 36 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.