NewsKabar VTuber

VTuber Nina Kosaka dari NIJISANJI EN Umumkan Akan Graduate di Awal Bulan Juli

Kontributor : Salsabila Astri
Penyunting : Kikitondo

Nina Kosaka merasa tertinggal dan perlu meningkatkan skill dan talenta dirinya secara independen diluar dari Nijisanji

Kabar graduation VTuber kembali menyelimuti para penggemar NIJISANJI EN. Pada tanggal 26 Juni 2023 lalu, NIJISANJI EN mengumumkan kabar kelulusan Nina Kosaka, salah satu anggota grup VTuber Ethyria yang telah aktif sejak Oktober 2021 lalu. Kabar ini pun tentu membuat penggemar terkejut, apalagi, sosok Nina sangat dikenal dan sering berinteraksi di kalangan NIJISANJI EN. Berikut adalah rangkuman mengenai pengumuman graduation Nina, alasan kelulusannya, serta informasi lainnya.

Nina Kosaka adalah VTuber Ketiga yang Lulus dari NIJISANJI EN

Nina Kosaka dan rekan Ethyria

Nina merupakan VTuber ketiga yang lulus dari NIJISANJI EN. Sebelumnya, Yugo Asuma ex-Noctyx dan Zaion LanZa ex-SOLEIL telah lulus terlebih dahulu, dengan pernyataan resmi maupun asumsi bahwa kedua VTuber ini telah melakukan pelanggaran peraturan perusahaan. Berbeda dengan dua VTuber sebelumnya, kelulusan Nina Kosaka bukanlah karena pelanggaran atau tindakan yang ia perbuat, melainkan keputusan yang diambil oleh Nina sendiri.

Meskipun Nina bukanlah VTuber pertama dari NIJISANJI EN pertama yang graduate, namun sosok Nina akan tetap menjadi yang tak terlupakan bagi para penggemar komunitas NIJISANJI EN. Keramahannya dengan rekan livers dan penggemarnya, membuat Nina menjadi salah satu VTuber NIJISANJI EN yang banyak disukai orang. 

Nina akan resmi menghentikan aktivitasnya sebagai VTuber NIJISANJI EN, per tanggal 8 Juli 2023 waktu JST. Seluruh video, arsip siaran langsung, dan media sosialnya akan dibuat menjadi private setelahnya.

Baca juga  Tiongkok "Pernah" memiliki VTuber Resmi Sendiri

Ingin Fokus Mengembangkan Skill dan Talentanya

Nina Kosaka

Keputusan graduate merupakan keputusan Nina. Hal ini ia sebutkan, tidak lama setelah akun official NIJISANJI EN mengumumkan kelulusan Nina. Meng-quote tweet dari tweet NIJISANJI EN, Nina mengunggah gambar yang berisi pesan dan penjelasan atas keputusan lulusnya.

Di gambar tersebut, dijelaskan bahwa Nina merasa adanya gap antara dirinya dengan rekan-rekan liver nya, tentang apa yang ingin ia sampaikan, dan juga tentang apa yang sepatutnya didapatkan oleh penggemar. Nina merasa bahwa ia belum dapat tampil dengan baik sebagaimana standar yang telah ia tetapkan pada dirinya. Dari situlah, ia memutuskan untuk graduate dari NIJISANJI EN, dan akan berfokus bertumbuh dan mengembangkan skill dan talentanya, tanpa perlu merasa terbebani karena merasa dirinya kurang memenuhi standar dan goals yang telah ia tetapkan.

Nina Kosaka juga berterima kasih pada Ethyria yang telah menunjukan padanya pertemanan sejati, dan telah menjadi pilar pendukung bagi dirinya. Ia juga berharap bahwa di tahun 2023 ini, Ethyria akan menjadi semakin sukses dan berkembang. Tidak lupa juga ia mengucapkan terima kasih pada penggemarnya yang telah setia melalui waktu bersama-sama dengan dirinya.

Di akhir pesannya, Nina meminta tolong pada penggemar, untuk tidak membahas atau meminta pendapat tentang kelulusannya pada livers NIJISANJI lainnya, karena ia paham bahwa kabar kelulusan bukanlah hal yang mudah untuk dibicarakan, serta meminta penggemar untuk terus memberikan dukungan dan cinta kepada livers NIJISANJI lainnya.

Akan Ada Graduation Stream pada Tanggal 7 Juli 2023

Nina Kosaka

Hanya memiliki jarak waktu kurang lebih 2 minggu antara pengumuman dan tanggal kelulusannya, mungkin terasa kurang cukup bagi penggemar untuk mengucapkan berbagai pesan dan mengenang momen manis bersama dengan Nina, oleh karena itu, Nina akan menjadwalkan siaran terakhirnya, satu hari sebelum tanggal resmi graduatenya, yaitu pada tanggal 7 Juli 2023. Nina pun mengharapkan agar para penggemarnya datang dan menyaksikan siaran terakhirnya sebagai VTuber NIJISANJI EN.

Baca juga  Jujutsu Kaisen Season 2: Mengupas Masa Lalu Gojo Satoru

Melakukan 2 Jam Zatsu Stream Setelah Pengumuman Kelulusannya

Nina Kosaka

Tidak hanya graduation stream, Nina juga telah melakukan zatsu stream atau percakapan bebas dengan para penggemarnya, selama 2 setengah jam. Siaran ini dilakukan di hari pengumuman kelulusan Nina, yaitu pada tanggal 26 Juni 2023 lalu. Di siaran ini, Nina berbincang mengenai bagaimana kegiatan VTubing telah meembantu Nina. Pada zatsu stream ini, rekan anggota Ethyria juga bergabung dan berbincang bersama Nina, mengenang berbagai memori menyenangkan yang telah dilalui bersama-sama. 

Penutup

Graduation seorang VTuber memang merupakan kabar yang menyedihkan untuk para penggemarnya, dan setiap permulaan pasti akan ada perpisahan. Agar tidak larut dalam kesedihan, fokus pada kenangan-kenangan yang telah dijalin bersama-sama, agar hanya menyisakan kenangan manis di benak kita. Mari kita juga bersama-sama untuk terus mendukung jalan sang fox mom kedepannya, dimanapun ia berada.
Baca juga Movie dan season 2 Spy x Family diumumkan.

Sumber:

(Visited 171 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.