Pokemon UNITE Menggemparkan Fans

Pada akhir Pokemon Present minggu lalu, sebuah antisipasi telah cukup dibuilt up dengan akan adanya pengumuman susulan mengenai sebuah proyek besar. Dan pengumuman ini memang sangat besar, dikarenakan bukan hanya para fans Pokemon, namun juga para fans game bergenre MOBA, dengan diumumkannya game Pokemon UNITE. Game yang disebut oleh pihak Pokemon Company sebagai Pokemon Team Battle ini, akhirnya menandakan masuknya Pokemon ke genre MOBA.

Kolaborasi Dengan Ahli MOBA

Dalam pengembangan proyek besar ini, Pokemon Company tentunya tidak sembarangan, dikarenakan mereka mengajak kerja sama satu perusahaan yang sudah cukup terkenal dengan game MOBA-nya, Tencent. Game Pokemon UNITE ini sendiri dikerjakan oleh studio TIMi yang merupakan milik Tencent. Studio TIMi pastinya bukan nama yang asing bagi para gamer MOBA Indonesia, karena mereka juga adalah pengembang salah satu game MOBA paling popular di Indonesia, Arena of Valor.

Pokemon UNITE = MOBA yang sedikit berbeda

Dalam game Pokemon UNITE,pemain akan diadu dalam dua team yang masing – masing beranggotakan 5 orang. Setiap pemain akan mengendalikan seekor Pokemon secara real-time dan memulai dari satu sisi arena. Masing – masing sisi arena memiliki lima goals yang juga merupakan scoring area. Scoring area ini penting bagi game ini karena tujuan dari setiap match Pokemon UNITE bukanlah menghancurkan structure milik lawan, namun lebih ke point scoring.

pokemon unite-01

Elemen terpenting = Point Scoring

Point scoring akan menentukan team mana yang menang di setiap matchnya, dengan Team yang bisa menscore point paling banyak di waktu yang telah diberikan, akan memenangkan pertarungan di ronder tersebut. Point Scoring bisa dilakukan dengan berbagai cara. Cara pertama adalah menangkap wild Pokemon. Wild Pokemon ini merupakan minion yang biasa kita temui di banyak game MOBA dan merupakan salah satu sarana farming dalam game ini. Untuk menangkap Wild Pokemon, tentunya kita harus mengalahkan Pokemon tersebut terlebih dahulu. Sehingga, dengan kata lain, Pokemon Unite kemungkinan mensimplify mekanik last hit yang biasanya cukup penting dalam MOBA lain dan menggantinya dengan catch Pokemon.

pokemon unite-02

Cara yang lain untuk menscore point dalam game ini tentunya adalah menscore point di goal milik lawan. Berhubung kelima goal tersebut berada di sisi yang berbeda, maka tentunya bukan perkara mudah. Sehingga di sini, akan dilihat seberapa bagus team work kalian dalam melakukan offense dan defense.

Pokemon unite-03

Cara bermain Pokemon UNITE

Untuk dasar permainannya, dalam setiap gamenya, Pokemon yang dikendalikan akan memulai ronde sebagai Pokemon level 1 atau Pokemon Basic. Seperti sudah disebut di atas, dengan mengalahkan wild Pokemon di field, Pokemon yang kita kendalikan akan mendapatkan experience points yang nantinya akan menaikkan levelnya. Pada level – level tertentu, jika Pokemon yang kita kendalikan memiliki versi evolution, maka mereka akan berevolusi. Di level – level tertentu pula,  beberapa skill baru akan terbuka.

Pokemon Unite-03

Skill System yang unik

Satu yang menarik mengenai system skill dalam game ini adalah kebebasan kita untuk memilih skill apa yang dibutuhkan pada saat level up tersebut. Apakah serangan kuat untuk melee, atau long range untuk support. Selain tentunya memberikan suatu replaybility yang menarik untuk setiap jenis Pokemon, kembali lagi ditekankan pentingnya strategi untuk game ini.

pokemon unite-06

Lalu yang terakhir mengenai skill adalah ultimate skill yang dalam game ini disebut UNITE MOVES. Skill ultimate ini sama seperti skill – skill lain, dimana akan terbuka saat Pokemon yang kita kendalikan sudah mencapai level tertentu, dan tentunya level yang dimaksud adalah level sudah cukup tinggi. Dengan terbukanya skill ini, Pokemon yang kita kendalikan akan dapat melancarkan damage yang lebih besar lagi, dimana beberapa dari skill tersebut akan mampu melakukan serangan terhadap multiple lawan secara bersamaan.

Pokemon Unite-05

Walaupun belum dipastikan kapan akan dirilisnya, namun satu yang pasti adalah game ini akan tersedia untuk mobile device serta Nintendo Switch. Satu yang ditekankan di sini adalah support Cross Platform Play, sehingga kalian yang memiliki Nintendo Switch, akan bisa memainkan game ini bersama teman kalian yang tidak memiliki Nintendo Switch. Selain itu, melihat kedepannya, sudah pasti game ini dipersiapkan juga untuk tournament level. Namun apakah hal itu bisa terwujud? Kita lihat saja nanti pada saat game ini dirilis.

(Visited 153 times, 1 visits today)
Baca juga  Terbakar api cemburu diselingkuhi, Seorang Istri lelang koleksi TCG Yu-Gi-Oh suami senilai 2 Miliar

Mahessa Fiermanda

Otaku Since 1980s. Freelance writer, designer, and teacher.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
x