Trivia AnimePop Culture

Berkenalan Dulu Dengan Shun Mizushino, Tokoh Utama Solo Leveling

Bicara seputar Solo Leveling tidak lengkap rasanya jika tidak membahas tokoh utamanya ini. Shun Mizushino atau dikenal versi Korea dengan Sung Jinwoo. Tokoh beken diangkat dari manhwa Solo Leveling ini sangat digemari para pembaca webtoon hingga sukses adaptasi kedalam anime. Saatnya kita simak ulasan berikut ini.

Solo Leveling adalah anime yang begitu diantisipasi oleh semua penggemar tahun ini. Setelah menunggu bertahun-tahun untuk adaptasi anime, akhirnya ada kejelasan mengenai Solo Leveling ini. Padahal pengumuman tentang perilisan anime hingga pengisi suara telah diumumkan tahun lalu bahkan studio anime yang menggarap yaitu A1 Pictures menyatakan siap produksi anime ini.

Terlepas dari hype anime ini, sosok Sung Jinwoo (Penamaan Korea) atau juga dikenal dengan Shun Mizushino (Penamaan Jepang) ternyata menjadi tokoh utama yang makin populer bagi pembaca webtoon hingga fans anime yang tidak sabar menunggu aksinya. Tidak ada salahnya jika kita coba bahas tentang Shun Mizushino ini seperti apa penampilan dan karakternya hingga membawa alur cerita Solo Leveling lebih penasaran.

Dialah World’s Weakest Hunter, Shun Mizushino

Shun Mizushino
Salah satu adegan Shun Mizushino

Julukan ini tidak sembarangan, bahwa sosok Shun Mizushino ini adalah seperti pembawa ruh kekuatan magis dalam cerita Solo Leveling. Dia memiliki nama panggilan Echo, pada awalnya Shun Mizushino adalah seorang pemburu dengan peringkat E yang dikenal lemah, lalu mendapatkan peluang seumur hidup ketika Shun Mizushino terpilih sebagai bagian ‘Pemain Sistem’, yang memberinya kemampuan unik untuk meningkatkan kekuatannya tanpa batas.

Dia juga adalah individu yang percaya diri dengan rasa kekeluargaan yang kuat dan haus akan kekuasaan. Hasilnya, dia sangat dekat dengan ibu dan saudara perempuannya dan jarang menyia-nyiakan kesempatan untuk menjadi lebih kuat.

Baca juga  Episode 8 Solo Leveling Ditunda, Kenapa Bisa?

Shun Mizushino terlihat sebagai pria muda yang tampan dan berotot dengan mata abu-abu, rambut hitam, dan fitur wajah yang tajam. Saat menggunakan kekuatannya atau terganggu, matanya bersinar ungu terang. 

Masa Lalu Shun Mizushino

Shun Mizushino
Shun Mizushino ketika serius

Belum lengkap rasanya jika tidak membahas tentang masa lalu Shun Mizushino ini. Pria yang juga dikenal sebagai Sung Jinwoo ini memiliki masa lalu yang cukup suram, hal ini tidak lepas bagaimana dia dilahirkan pada waktu yang begitu kelam. Dia lahir pada 20-25 tahun sebelum kejadian dalam jalan cerita utama dari pasangan Sung Il-Hwan dan Park Kyung-Hye dan memiliki seorang adik perempuan bernama Jinah. Sepuluh tahun sebelum Insiden Penjara Bawah Tanah pertama, ayahnya dianggap meninggal ketika dia menghilang secara misterius di dalam penjara bawah tanah saat penggerebekan. Enam tahun kemudian, ibunya mengalami gejala Tidur Abadi dan akhirnya jatuh koma.

Dengan kepergian kedua orang tuanya, Jin-Woo terpaksa mengambil alih sebagai pencari nafkah keluarga dan kemudian menjadi seorang pemburu. Karena betapa rapuhnya dia, dia dengan cepat menjadi bahan ledekan di kalangan pemburu Korea dan diberi julukan “Pemburu Terlemah dari Seluruh Umat Manusia”. Namun demikian, ia tidak menyerah dan berhasil menghidupi dirinya sendiri dan saudara perempuannya secara finansial meskipun ia hampir mati dalam setiap serangan yang dilakukannya.

Kekuatan Dari Shun Mizushino

Shun Mizushino
Terlihat sebuah kekuatan dari Shun Mizushino

Kita akan membedah bagaimana Shun Mizushino dapatkan kekuatan yang begitu mengerikan ini. Mengingat sepuluh tahun yang lalu, gerbang yang menghubungkan dunia manusia dengan dimensi lain mulai bermunculan, yang menyebabkan banyaknya pemburu yang melintasi gerbang tersebut untuk melawan makhluk-makhluk ajaib di dalamnya. Shun Mizushino, sang pemburu peringkat E, adalah yang terlemah di antara mereka semua.

Baca juga  10 Fakta Anime Solo Leveling, Adaptasi dari Manhwa Terkenal

Kemudian, ketika dia berteleportasi ke Pulau Jeju tanpa berpikir panjang untuk menyelamatkan para pemburu Korea peringkat S lainnya dari kematian. Hal yang berlawanan terjadi juga, dalam pertempuran ini justru Shun Mizushino sangatlah kejam, karena dia cenderung membantai musuh-musuhnya tanpa pandang bulu, dan bahkan agak meremehkan, seperti yang ditunjukkan saat dia mengejek Raja Semut/Ant King dengan menyebutnya “serangga biasa” di hadapannya dan mengejek Arsitek atas kekurangan yang dia buat dalam desain Sistemnya.

Ikatannya yang dalam dengan keluarganya juga membuatnya benar-benar tidak kenal ampun terhadap siapa pun yang berani menyakiti mereka, seperti yang ditunjukkan ketika dia membantai seluruh suku Groctar karena mencoba membunuh Jinah dan membunuh Hwang Dongsoo secara brutal karena menyiksa Jinho.

Karena inilah dia dikenal sebagai pemburu terkuat dan secara fisik Shun Mizushino luar biasa. Bahkan sebelum mendapatkan kekuatannya yang sebenarnya, dia cukup kuat untuk membuat lubang besar di wajah Patung Dewa dan mengalahkan Thomas Andre, salah satu dari lima Pemburu Tingkat Nasional, sampai hampir mati hanya dengan tangan kosong. 

Setelah dihidupkan kembali oleh Ashborn dan menerima kekuatan penuh dari mantan rekannya, kekuatan Jinwoo meningkat hingga ia mampu dengan mudah menangkis serangan Frost Monarch dengan satu tangan, membunuh Rakan dalam empat kali serangan, dan bahkan bertarung secara seimbang dengan Antares, yang tertua dan terkuat di antara kesembilan Monarch.

Shun Mizushino
Shun Mizushino terlihat menguasai sebuah kekuatan sihirnya

Secara pertahanan. Shun Mizushino mampu memusatkan kekuatannya di sekelilingnya, bahkan dapat menghasilkan lapisan pelindung berwarna hitam pekat pada tubuhnya. Yang tidak kalah unik adalah ketika Shun Mizushino memiliki persediaan tidak terbatas sebab dari mengekstrak sejumlah elemen tersebut untuk digunakan sendiri kapanpun dan dimanapun dia mau.

Baca juga  VTuber Isla Coleman Terkena Doxing Oleh Fans, Agensi Kawaii Tuntut Pelaku

Tidak sampai disitu saja, kemampuan unik Shun Mizushino adalah memahami bahasa monster. Mungkin kalian mendengar hal ini cukup aneh tapi bagi Shun Mizushino itu adalah keunikan yang ia gunakan untuk berkomunikasi dengan tentara bayangannya dan monster musuh yang ia temui dalam pertempuran.

Kesimpulan

Shun Mizushino atau dikenal sebagai Sung Jinwoo merupakan tokoh sentral yang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya, terlepas dari masa lalu kelam yang dia lewati. Hal ini yang membuat para pemburu seluruh Korea semakin cemas juga kagum akan kemampuan hebat Shun Mizushino ini.

Bagi yang berminat menonton anime Solo Leveling kalian bisa menyaksikan lewat layanan streaming legal berikut:

Sumber:

(Visited 14 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.