NewsKabar Anime

Dungeon Meshi, Petualangan Dungeon Yang Tidak Biasa Hingga Membawa Inspirasi Usaha Kuliner Jepang

Dungeon umumnya cerita yang seringkali dikaitkan dengan petualangan dengan suguhan aksi hingga mengumpulkan suatu benda berupa senjata atau sihir. Tapi pernah kebayang jika kisah ini memiliki ciri khas yaitu berpetualang sambil makan-makan? Bukan makan aja tetapi bikin suatu masakan juga. Mari simak review singkat Dungeon Meshi disini.

Anime ini juga dikenal dengan nama lain Delicious in Dungeon, dimana diangkat dari salah satu manga karya Ryoko Kui telah terbit pada 2014 hingga 2023 melalui majalah manga Harta seinen milik Enterbrain. Cerita Dungeon Meshi ini yang menjadi sorotan utama adalah sang ksatria petualang Laios Touden memimpin sebuah kelompok kecil melewati ruang bawah tanah yang tampaknya tak berujung, labirin bawah tanah yang penuh dengan monster berbahaya dan jebakan berbahaya. 

Melalui penggunaan sihir tingkat tinggi, seorang penjelajah sesekali dapat dibangkitkan, sehingga mereka dapat belajar dari kesalahan di masa lalu dan mencoba kembali melintasi penjara bawah tanah tersebut. Namun, ketika seekor naga yang kuat memakan Falin, saudara perempuan Laios yang merapal mantra, dia mengirim saudara laki-lakinya dan teman-temannya kembali ke awal untuk menyelamatkan mereka.

Dungeon Meshi, Inspirasi Dalam Usaha Kuliner

Dungeon Meshi
Ilustrasi replika restoran

Menyusul penayangan perdana anime Dungeon Meshi yang telah lama ditunggu-tunggu, sebuah acara pop-up baru telah diumumkan untuk anime ini yang akan diadakan di ruang acara n_space di Shibuya pada tanggal 18-21 Januari 2024.

Tapi tunggu dulu, ini bukanlah pekerjaan yang dalam sehari selesai. Ternyata acara ini akan dikemas seperti restoran replika yang menampilkan dekorasi bertema Dungeon Meshi, hingga bahan produksi, dan model realistis dari hidangan yang ditampilkan dalam serial ini, meskipun pihak acara menekankan bahwa tidak ada makanan yang akan disiapkan pada ruang acara.

Baca juga  SurgaGame Bawa Colonicle Esports VR ke Indonesia

Satu-satunya menu makanan yang akan disajikan kepada pengunjung terpilih sebagai kejutan adalah Shibuya Dungeon Hanten Original Instant Shinkotsu Ramen yang konon terbuat dari “Naga Merah” yang diadaptasi dalam Dungeon Meshi ini.

Para Tokoh Utama Anime Dungeon Meshi

Dungeon Meshi
Marcille yang terlihat cantik

Mari kita perkenalkan beberapa tokoh yang ada dalam anime Dungeon Meshi berikut ini:

1. Laios Thorden

Dungeon Meshi
Foto Laios

Laios adalah tokoh utama dalam Dungeon Meshi ini, juga seorang ksatria manusia yang dapat menjelajah jauh ke dalam ruang bawah tanah untuk menyelamatkan saudara perempuannya, Falin, sebelum dia dimangsa oleh naga merah yang mengalahkan kelompoknya. Laios adalah petarung yang sangat kuat dan merupakan pemimpin kelompoknya. Dia adalah orang yang sangat tenang dan lembut yang sangat antusias untuk mencoba makanan monster yang berbeda. Dia sering menggunakan pengetahuan yang didapat dari memasak monster untuk mengembangkan teknik mengalahkan mereka.

2. Donato Marcille

Dungeon Meshi
Foto Marcille

Marcille dari ras Elf/Peri punya peran tidak kalah penting dalam Dungeon Meshi, dia juga seorang penyihir dari anggota grup Laios. Marcille adalah peri dengan rambut pirang panjang serta mempunyai mata berwarna hijau. Pada pakaian penjara bawah tanah normalnya, ia mengenakan gaun biru panjang dengan celana putih, kerudung biru, kalung merah, dan sandal. Dia menata rambutnya secara berbeda setiap hari. Dia lebih tinggi dari Chilchuck dan Senshi, tapi lebih pendek dari Falin dan Laios.

Belakangan terungkap bahwa Marcille sebenarnya adalah setengah peri dan setengah manusia jangkung, yang berarti dia bukan peri murni seperti Canaries. Ayahnya adalah seorang manusia jangkung. Belakangan terungkap bahwa Marcille sebenarnya adalah setengah peri dan setengah manusia jangkung, yang berarti dia bukan peri murni seperti Canaries. Ayahnya adalah seorang manusia jangkung. Marcille cerdas, berprinsip, dan setia kepada teman-temannya. 

Baca juga  Re:Zero Menghancurkan Pola Anime Isekai Pasaran

Falin adalah teman terdekat Marcille. Dia sangat menghargai Falin, bahkan menyebutnya luar biasa dan seorang bidadari karena kemampuan mengucapkan mantra dan sifatnya yang lembut. Dia memasuki ruang bawah tanah lagi meskipun keadaan darurat di grupnya sebab dia sangat peduli dengan Falin.

3. Chilchuck Tims

Dungeon Meshi
Foto Chilchuck

Chilchuck adalah tukang pasang kunci berdarah campuran dengan ketangkasan dan indera yang tajam. Chilchuck pada Dungeon Meshi ini adalah tokoh yang punya kemampuandapat melepaskan jebakan, menemukan jalur tersembunyi, mencopet, dan lain-lain untuk kelompoknya. Dia adalah orang yang cukup tenang dan santai, tetapi tidak suka jika orang lain mengambil alih pekerjaannya atau mengambil risiko berbahaya. Dia biasanya menghindari pertempuran, namun dapat menggunakan busur dan anak panah. Dia adalah anggota asli kelompok Laios.

4. Senshi

Dungeon Meshi
Foto Senshi

Dilihat sosok ini seperti tokoh dalam serial Asterix & Obelix, tapi jangan meragukan kemampuan dari Senshi. Senshi merupakan seorang prajurit kurcaci yang bergabung dengan grup agar dapat menggapai mimpinya untuk memasak naga merah yang ingin ditangkap oleh Laios dengan kelompoknya. Senshi memiliki pengetahuan yang sangat luas tentang penjara bawah tanah dan monster di dalamnya, dan merupakan koki hebat. Dia biasanya bertarung dengan kapak besar, tetapi selalu membawa panci dan peralatan memasak. Dia memastikan para anggota kelompoknya mendapat makanan yang cukup dan diet yang seimbang.

Kesimpulan

Akhirnya kita bisa berkenalan juga secara singkat dengan para tokoh utama Dungeon Meshi dan juga membahas akan rencana peresmian dari bisnis kuliner yang berangkat dari inspirasi anime Dungeon Meshi ini. Sepertinya bisnis tersebut diharapkan mampu menambah rasa penasaran para wisatawan juga para penggemar setia Dungeon Meshi yang hendak mencoba hidangan ala anime tersebut. 

Baca juga  7 Fakta Rudeus Greyrat, Protagonis Anime Mushoku Tensei

Ternyata anime ini sangat menarik untuk diikuti pada awal tahun 2024 ini dengan konsep yang tidak biasa. Mari kita tunggu kejutan baru dari Dungeon Meshi ini.

Sumber:

(Visited 9 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.