Pop CultureBudaya Jepang

Mau Cosplay di Event? Simak Dulu Panduan Cosplay Berikut

Panitia Comifuro mengeluarkan Panduan Cosplay untuk mereka yang ingin ber-cosplay ria. Mungkin rasanya aneh kalau sekedar cosplay saja sekarang sudah mulai harus ada panduannya. Namun panduan untuk cosplay menjadi sesuatu yang penting agar semua pihak terkait bisa mengekspresikan dirinya secara bebas melalui cosplay tapi tidak menganggu pihak lainnya.

Budaya populer atau pop culture Jepang memang sudah dikenal dan digemari masyarakat Indonesia dari sebelum tahun 2000an. Seiring bertambahnya waktu, akses teknologi dan informasi tentunya juga semakin berkembang, yang berpengaruh pada semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang menyukai berbagai bagian dari pop culture Jepang. 

Kepopuleran pop culture negeri Sakura ini dapat dibilang berkembang secara pesat di waktu pandemi dan pasca pandemi. Tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap budaya Jepang dapat dilihat dari banyaknya event ‘Jejepangan’ yang digelar setiap bulannya, maraknya resto dan cafe yang mengusung konsep dan menu khas Jepang, hingga para artis J-Pop yang juga dijadwalkan untuk konser di Indonesia. 

Cosplay atau custome play merupakan salah satu budaya populer Jepang yang kini sedang banyak digemari. Mudahnya akses mendapatkan kostum karakter, serta banyaknya event sebagai sarana untuk cosplay, merupakan faktor dari meningkatnya peminat cosplay saat ini. Buat kamu yang baru saja ingin memulai cosplay di event, ada beberapa Panduan Cosplay yang dapat kamu ikuti sebelum mendatangi tempat event, agar agenda cosplay mu bisa lebih lancar, apa saja sih? Yuk simak informasinya di bawah ini!

Mulai dari Kostum yang Simple

Panduan Cosplay

Beberapa karakter game dan anime memang identik dengan kostum yang unik dan memiliki banyak aksesoris. Untuk kamu yang baru memulai terjun di dunia cosplay, kamu bisa mencoba untuk menggunakan kostum yang simpel terlebih dahulu. Dari sini maka kamu bisa mulai belajar mengasah keterampilan dalam membuat, menata, dan merias kostum secara perlahan.

Baca juga  Suzuhara Lulu, VTuber Eldritch Kembali Dari Hiatus Sebulan

Perhatikan Kenyamanan Bersama

Jika kamu akan cosplay di sebuah event yang merupakan tempat umum, penting untuk kamu memerhatikan kenyamanan diri sendiri dan juga orang lain. Kenakan kostum yang pantas, tidak terlalu terbuka, tidak menyinggung SARA ataupun mengenakan seragam yang menyerupai instansi dan organisasi politik tertentu yang sekiranya dapat mengganggu kenyamanan orang sekitar.

Melakukan Photo Session di Tempatnya

Panduan Cosplay

Beberapa acara besar seperti Comifuro atau Comic Con, biasanya memiliki zona sendiri untuk cosplayer dapat berinteraksi dan berfoto bersama fans atau cosplayer lainnya. Hal ini dilakukan agar flow jalanan tidak terganggu dengan pengunjung yang hendak berfoto dengan cosplayer. Oleh karena itu, jika kamu ingin berfoto dengan cosplayer lain, pastikan tidak mengganggu sekitarmu ya!

Ketahui Aturan Mengenai Properti di Event

Panduan Cosplay

Menggunakan properti tambahan yang identik dengan karakter cosplay memang menjadi poin tambahan untuk lebih in-character saat cosplay. Namun, sejumlah karakter anime atau game menggunakan properti berbentuk senjata. Di beberapa event, diperbolehkan untuk membawa properti senjata palsu saat cosplay selama senjata tersebut bukanlah senjata tajam dan memang merupakan replika semata, namun ada juga event yang tidak mengizinkan cosplayer untuk membawa replika seperti senapan ataupun airsoft gun ke dalam venue event. Maka, akan lebih baik untuk kamu mengamati informasi yang diberikan penyelenggara event tempat kamu akan cosplay seputar properti senjata.

Menggunakan Ruang Ganti Apabila Tersedia

Seorang cosplayer tentu ingin tampil dengan maksimal di acara yang akan mereka hadiri. Mengganti baju ke kostum cosplay, berdandan, dan menata wig rambut tentu tidak memakan waktu yang sebentar. Jika kamu baru akan bersiap-siap di venue event, gunakanlah ruang ganti khusus cosplayer apabila telah disediakan oleh pihak penyelenggara acara. Ruang ganti cosplayer bisa digunakan untuk bersiap-siap, berganti kostum, merias wajah, dan lain sebagainya. Ruang ganti ini biasa disediakan secara khusus agar tidak terjadi penumpukan atau antrian panjang di toilet karena cosplayer yang sedang bersiap-siap.

Baca juga  The VTuber Awards 2023, Penghargaan VTuber Pertama Akan Digelar Desember Nanti

Minta Izin Sebelum Foto, dan Menghargai Privasi

Panduan Cosplay

Event cosplay memang menjadi sebuah wadah untuk mengekspresikan diri, sekaligus bertemu karakter favorit kita secara langsung. Karenanya, tidak jarang momen ini ingin diabadikan dalam bentuk foto. Sebelum memfoto atau mengajak foto dengan seorang cosplayer, mintalah izin dengan sopan kepada sang cosplayer terlebih dahulu. Beberapa cosplayer mungkin sedang beristirahat di waktu-waktu tertentu dan tidak ingin diganggu, dengan meminta izin dan menjaga sikap, maka akan lebih menguntungkan kedua belah pihak. Selain itu, hargai juga privasi cosplayer sebagaimana kamu ingin dihargai dan dihormati oleh orang lain.

Bertanggung Jawab atas Kostum

Akses mendapatkan kostum cosplay di waktu sekarang jauh lebih mudah dengan banyaknya toko rental kostum cosplay di dunia maya. Rental cosplay ini juga menjadi solusi untuk kamu yang ingin mencoba cosplay, namun terhalang oleh biaya kostum cosplay yang tidak murah. Namun, sebagaimana kamu mengetahui bahwa kostum tersebut merogoh kocek yang lumayan besar, maka jika kamu memutuskan untuk menyewa kostum cosplay, berhati-hati dan bertanggung jawab penuh atas kostum yang kamu kenakan adalah hal yang wajib dilakukan. Biaya memperbaiki kostum dan wig juga tidak murah loh!

Kesimpulan Panduan Cosplay dan Comifuro Tinggal Sebentar Lagi

Panduan Cosplay

Mengingat minat cosplay semakin tinggi dan sejalan dengan banyaknya acara bertemakan pop culture Jepang di Indonesia, maka penting untuk kamu–apalagi jika kamu adalah seorang cosplayer pemula–untuk memulai dengan kostum simpel dan bertanggung jawab penuh dengan kostum cosplay yang kamu kenakan. Selain itu, utamakan kenyamanan bersama dengan tidak berkerumun ataupun berfoto di tempat ramai yang dapat mengganggu jalan, tidak menggunakan kostum terlalu terbuka dan berunsur SARA, dan selalu meminta izin apabila kamu ingin mengajak cosplayer lain untuk berfoto bersama. Dengan mengutamakan kenyamanan bersama, maka pengalamanmu cosplay di sebuah event dapat lebih nyaman dan juga menyenangkan. 

Baca juga  Haikyuu! Final Movie Resmi Rilis Akhir Agustus 2023

Mumpung Comifuro sebentar lagi patuhi pedoman yang dikeluarkan oleh panitia demi kenyamanan bersama.

Sumber: 

(Visited 122 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.