Siapa Sebenarnya Daisuke Kanbe, The Millionaire Detective

Detective dan Mystery story adalah satu bagian dari entertainment Jepang yang saya sukai. Banyak karya, baik itu anime, manga, novel, ataupun eiga/dorama, yang menampilkan detektif-detektif yang memiliki keunikan masing-masing. Nah, untuk Spring Anime 2020 ini, ada detektif baru yang muncul di layar kaca bernama Daisuke Kanbe, yang kemunculan pertamanya cukup membuat dunia perotakuan menengok. Dan selidik punya selidik, ternyata dia bukan  anak baru di dunia permisterian. Mobidachi mau tahu siapa dia sebenarnya? Yuk lanjut bacanya.

Latar Belakang Daisuke Kanbe

Daisuke Kanbe aslinya adalah tokoh utama dari novel berjudul Fugou Keiji (The Millionaire Detective), karya Yasutaka Tsutsui, yang juga menulis novel Toki wo Kakeru Shoujo (The Girl Who Leapt Through Time) dan Paprika. Muncul pertama kali di tahun 1975 dalam kumpulan short story yang berlangsung sampai tahun 1977, dan diterbitkan sebagai novel di tahun 1978, Daisuke Kanbe adalah anak seorang millionaire yang memutuskan untuk menjadi polisi didasarkan oleh semangat keadilan yang dimilikinya.

Daisuke Kanbe Anime Adaptation

Dalam novelnya, sebagai anak satu-satunya dari keluarga Kanbe, Daisuke memiliki kemampuan analisa yang unik dan menjadikan dirinya seorang detektif yang hebat. Akan tetapi, kekuatan sebenarnya dari detektif ini berasal dari fakta bahwa dia adalah anak dari millionaire Kikuemon Kanbe, yang merasa bersalah dengan caranya mengumpulkan harta di masa lalu, dan berusaha menebusnya dengan menggunakan harta tersebut untuk mendukung pekerjaan anaknya.

Daisuke Kanbe sendiri mendapatkan nickname The Millionaire Detective dari koleganya bukan hanya berdasarkan gayanya yang biasa mengendarai Cadillac, mengisap cerutu Havana, dan mengenakan tailored suit buatan Inggris, namun juga dari caranya menggunakan uang untuk kepentingan kasus, di mana dia tidak akan segan-segan mengadakan pesta besar, menyewa seluruh hotel, maupun membuat suatu perusahaan, untuk keberhasilan pemecahan.

Daisuke Kanbe Gosho Aoyama ver

Dengan keunikan karakter dan jalan cerita yang dimiliki, Fugou Keiji, merupakan salah satu novel detektif yang cukup terkenal di Jepang. Aoyama Gosho sensei (Detective Conan) sendiri memberikan rekomendasi cerita “The Millionaire Detective and The Closed Chamber” sebagai cerita Fugou Keiji yang harus dibaca, dalam segmen Aoyama Gosho’s Mystery Library di buku ke-63 manga Detective Conan. Selain itu juga, beragam adaptasi kisah Fugou Keiji sudah dilakukan dari tahun ke tahun, di mana salah satunya adalah dorama yang dibintangi oleh Fukada Kyoko.


Genderbend Daisuke

Fugou Keiji, ditayangkan pertama kali di TV Asahi pada tanggal 13 Januari 2005 sampai dengan 17 Maret 2005, dilanjutkan dengan sekuelnya Fugou Keiji Deluxe pada tanggal 21 April 2006 sampai dengan 23 Juni 2006. Di versi dorama ini, Daisuke Kanbe diswap gendernya menjadi wanita, dan bernama Miwako Kanbe (Fukada Kyoko), cucu dari Kikuemon Kanbe, yang sama seperti di novelnya, ingin menebus rasa bersalahnya dengan mensupport pekerjaan cucunya menggunakan kekayaan keluarga Kanbe.

Fugou Keiji dorama

Selain perbedaan gender dan sedikir latar belakang karakter utamanya, tokoh-tokoh pendukung yang muncul di versi dorama ini hampir seluruhnya berbeda, menjadikannya sebuah pengalaman tersendiri bagi yang sudah familiar dengan kisah Daisuke Kanbe. Selain itu pula, satu yang special dari dorama ini adalah bahwa Tsutsui Yasutaka sensei sendiri muncul sebagai cameo di beberapa episode memerankan tokoh bernama Sezaki Ryuhei, yang memiliki kebencian terhadap keluarga Kanbe, terutama Kikuemon Kanbe.


Adaptasi Yang Menyegarkan

Setelah adaptasi manga dan dorama, akhirnya di Spring Anime 2020 kita mendapatkan adaptasi animenya, yang berjudul Fugou Keiji Balance: UNLIMITED. Dibuat oleh CloverWorks dan disutradarai oleh Tomohiko Ito (Sword Art Online s1-s2, Boku Dake ga Inai Machi), seri anime ini akan lebih mengarah ke pola buddy cop, dimana Daisuke akan berpasangan dengan Kato Haru (Mamoru Miyano). Haru, sebagai partner Daisuke Kanbe merupakan seorang mantan polisi Divisi 1 yang meminta ditransfer ke divisi modern crimes setelah satu kesalahan yang dilakukannya. Dengan penggambaran Daisuke yang kali ini diperlihatkan sebagai super kaya sampai memilki teknologi ala Tony Stark, ketidak cocokan pribadi Daisuke-Kato tentunya akan menjadi point utama adaptasi kali ini. Namun, dengan terus berlangsungnya wabah Covid-19, petualangan Daisuke-Katou akan menghilang sementara. Kita harapkan saja mereka kembali secepatnya.

Fugou Keiji Balance: Unlimited

Trending Favorite Chara

Diisi suaranya oleh Onuki Yusuke (Grand Maison Tokyo, Lupin no Musume) dalam peran pertamanya sebagai seiyuu, episode kesatu telah membuat Daisuke Kanbe berhasil menarik banyak penggemar dan diprediksikan akan menjadi salah satu top hit di Spring Anime 2020 ini. Saya sendiri menjadi tertarik karena ingat nama tokoh ini di buku Detective Conan, dan membuat saya menelusuri sejarahnya. Namun, tidak bisa dipungkiri, keberadaan dirinya di antara seri Spring Anime 2020, cukup terasa fresh dan menarik, sehingga layak untuk diikuti keseluruhan 11 episodenya.

Cameo Tsutsui Yasutaka Sensei
Cameo Tsutsui Yasutaka Sensei

Lalu bagaimana dengan Mobidachi sendiri? Berapa banyak di antara kalian yang sudah tertarik dengan Daisuke Kanbe? Apakah ada juga yang membaca dan menonton adaptasi manga dan live actionnya? Selain itu, berapa orang yang menyadari cameo Tsutsui Yasutaka sensei di episode pertama Fugou Keiji Balance: UNLIMITED? Tinggalkan komen kalian di bawah ya.

(Visited 3.740 times, 4 visits today)
Baca juga  Realist Hero Akan Muncul di Layar Kaca

Mahessa Fiermanda

Otaku Since 1980s. Freelance writer, designer, and teacher.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
x