Youkai Sharehouse, Merasakan Serumah Dengan Siluman

Youkai Sharehouse merupakan sebuah Summer Dorama 2020 yang dibintangi oleh Koshiba Fuka (Gourmet Detective Akechi Goro) dan baru saja menyelesaikan masa penayangannya pada 19 September 2020 kemarin. Seperti sudah dituliskan di judul, premis dari dorama ini adalah tentang kehidupan serumah dengan youkai alias para siluman. Lalu, seperti apakah dorama ini? Ayo kita lihat.

Apa itu Youkai Sharehouse?

Youkai Sharehouse merupakan sebuah dorama Horror Comedy yang menceritakan tentang seorang gadis baik hati yang selalu ditimpa kemalangan bertubi – tubi, bernama Meguro Mio. Pada awal cerita, ketika dirinya melarikan diri dari kejaran debt collector, dibuang pacarnya, dan juga kecapaian, ia pingsan di daerah kuil Aranami Hachiman dan ketika terbangun, ia menemukan dirinya di dalam sebuah rumah. Seorang suster wanita bernama Yotsuya Iwa telah menolongnya dan membawa Mio ke rumahnya. Di rumah yang merupakan sebuah sharehouse tersebut, Iwa tinggal bersama 3 orang lagi, Warabe Utako yang merupakan caretaker rumah tersebut, Numata Hiyo yang merupakan seorang pengacara, serta Sakai Ryo yang bekerja di sebuah rumah lelang.

youkai sharehouse-01

Pada awalnya, keberadaan Mio di rumah tersebut ditentang oleh ketiga penghuni lainnya, yang mengharapkan Mio segera keluar. Namun, setelah mendengarkan kisah sedih Mio, Iwa dan Utako memperbolehkan Mio untuk tinggal di rumah itu semalam, walaupun Numata dan Sakai sebenarnya masih menentang. Pada malam harinya, Mio tidak sengaja terbangun dan menemukan bahwa keempat orang yang menghuni rumah tersebut ternyata memiliki rahasia besar. Namun, karena dirinya merasa itu hanyalah sebuah mimpi buruk di pagi harinya, maka ia sendiri tidak yakin dengan apa yang dilihatnya.

youkai sharehouse-02

Setelah mendengarkan lebih banyak lagi cerita Mio, Iwa memutuskan untuk memberikan pelajaran terhadap mantan pacar Mio, dan dijebaklah dirinya untuk datang ke sharehouse tersebut. Dan pada saat aksi penjebakan itu berlangsung, Mio pun menyadari bahwa apa yang dilihatnya kemarin malam bukanlah mimpi, dan ia kini telah tinggal seatap dengan 4 youkai yang cukup populer, Oiwa, Zashiki Warashi, Nurarihyon, serta Shuten-Douji. Mulai dari hari itulah dimulai kehidupannya sebagai salah satu anggota dari Youkai Sharehouse tersebut.

Baca juga  Penayangan Hanzawa Naoki Season 2 Ditunda Akibat COVID-19

Impression

Pertama kali menonton Youkai Sharehouse, hampir terpikir bahwa dorama ini memiliki source dari manga, namun ternyata ini adalah sebuah original story. Dengan genre Horror Comedy yang dibawanya, sebenarnya unsur horrornya sendiri hampir tidak ada setelah melewati episode pertama, dan lebih berasa Romance Comedy, dengan titik berat di comedy. Mengapa romance? Karena selain 4 Youkai yang menjadi penghuni sharehouse tersebut, dorama ini juga memiliki sub-plot romance yang mengkaitkan Mio dengan dua orang pria yang memiliki potensi menjadi love interest, yaitu Minaoka Yuzuru, yang merupakan caretaker kuil Aranami Hachiman, tempat Youkai Sharehouse berada, serta Harashima Hibito, bos galak Mio di perusahaan barunya.

youkai sharehouse-03

Seperti sudah ditulis di atas, Comedy menjadi titik berat dari Youkai Sharehouse, dengan beragam keunikan dan dialog yang dikeluarkan oleh interaksi Mio dan para Youkai yang ia tinggal bersama. Selain kelucuan tersebut, satu lagi yang juga menambah keunikan dari kelucuan dorama ini adalah sedikit pelajaran mengenai para Youkai yang muncul. Dengan stylistic art yang mirip dengan horror manga ataupun gayanya Junji Ito, penonton akan diberikan informasi berupa background story dari masing – masing Youkai yang muncul di setiap episodenya. Dengan gaya animasi layaknya sebuah kami-shibai, cerita klasik para Youkai akan dijelaskan, hanya saja, kembali lagi ke beratnya comedy yang ditonjolkan, penceritaan ini sendiri diisi dengan dialog dan suara yang sulit dianggap serius, sehingga tidak menimbulkan kesan seram sedikit pun.

Terakhir, yang menarik dari dorama ini adalah world backgroundnya, dimana dikisahkan bahwa para Youkai sendiri hidup di tengah – tengah manusia dengan penyamaran mereka, dan memiliki pekerjaan normal seperti layaknya manusia biasa. Yang lebih unik lagi adalah pekerjaan tersebut, sangat berkaitan dengan latar belakang atau keahlian masing – masing Youkai, baik 4 utama yang menjadi fokus cerita ini, ataupun juga para guest setiap minggunya. Dengan latar belakang keunikan inilah, pembawaan para youkai yang para penonton mungkin sudah familiar, menjadi satu point lagi dalam kekonyolan yang dibawakan oleh ceritanya. Dan dengan ini, maka bagi para Mobidachi yang belum menonton dorama ini, sangat direkomendasikan untuk mengikutinya, apalagi dengan ending yang sangat tidak terduga di akhirny.

(Visited 307 times, 1 visits today)

Mahessa Fiermanda

Otaku Since 1980s. Freelance writer, designer, and teacher.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
x